Breaking News:

Idul Adha 2020

Polri Bakal Awasi Protokol Kesehatan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan pihaknya akan mengawasi protokol kesehatan selama Idul Adha.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pekerja memberi pakan sapi kurban yang dijual di area parkir Balonggede, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/7/2020). Jelang Hari Raya Iduladha 2020, penjual hewan kurban di Kota Bandung mulai bermunculan. Seperti di tempat ini yang sudah menyiapkan sekitar 25 ekor sapi kurban yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat itu, dijual dengan harga terendah Rp 18,5 juta dan tertinggi Rp 26 juta. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan pihaknya akan mengawasi protokol kesehatan selama Idul Adha.

Pengawasan baik saat pelaksanaan ibadah salat dan penyembelihan hewan kurban dalam hari raya Idul Adha mendatang.

Dia mengatakan personel yang diterjunkan nanti akan terhimpun dalam operasi Patuh 2020.

Selain penertiban warga dalam berkendara, operasi patuh juga akan mengawasi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca: Bumbu Daging Bakar Saus Mayo, Cocok Dicoba saat Momen Idul Adha 2020

Baca: Panduan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Selama Pandemi Covid-19

Petugas dari Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memeriksa hewan kurban di Rumah Potong Hewan Cakung Jakarta, Jumat (10/7/2020). Pemeriksaan dilakukan untuk kesejahteraan hewan di tempat penampungan serta pemeriksaan kesehatan hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan dan pengendalian pada masa pandemi Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Petugas dari Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memeriksa hewan kurban di Rumah Potong Hewan Cakung Jakarta, Jumat (10/7/2020). Pemeriksaan dilakukan untuk kesejahteraan hewan di tempat penampungan serta pemeriksaan kesehatan hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan dan pengendalian pada masa pandemi Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

"Dalam operasi patuh 2020, Polri bekerja sama dengan TNI, Satpol PP dan pemerintah daerah untuk mengawasi dan mengamankan pelaksanaan protokol kesehatan di titik-titik pelaksanaan salat idul adha dan penyembelihan hewan korban," kata Awi kepada wartawan, Minggu (19/7/2020).

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mengawasi titik-titik lokasi wisata yang diperkirakan akan mengalami lonjakan pengunjung dalam hari raya idul adha nanti.

Dia mengatakan penindakan akan dilakukan secara humanis.

"Anggota di lapangan polantas secara humanis menyebarkan leaflet, membuat imbauan-imbauan, termasuk kalau terkait dengan Covid-19. Tentunya pemberian masker, menegur, itu segala memang tugas kita untuk mengawal dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan," pungkasnya.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved