Breaking News:

Kinerja Menteri Jokowi

Prabowo, Sri Mulyani, Erick Thohir Hingga Juliari Jadi Menteri Terbaik Jokowi di Masa Covid-19

Setidaknya ada 7 menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang kinerjanya dianggap paling optimal di masa covid-19.

Tribunnews.com/Irwan Rismawa
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenalkan Kabinet Indonesia Maju di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sektor perekonomian menjadi salah satu yang terpukul akibat Pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, menteri-menteri kabinet di bidang ekonomi dan sosial, mulai dari Sri Mulyani hingga Juliari Batubara dituntut bekerja ekstra keras menggelontorkan program-program yang mampu meringankan beban ekonomi rakyat.

Setidaknya ada 7 menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang kinerjanya dianggap paling optimal di masa covid-19.

Hal itu terekam dalam rilis hasil survei Charta Politika Indonesia baru-baru ini yang bertajuk “Trend 3 Bulan Kondisi Politik, Ekonomi dan Hukum Pada Masa Pandemi Covid-19”.

Baca: Hasil Survei Charta Politika: PDIP Menang Jika Pemilu Dilaksanakan Hari Ini, Prabowo Presidennya

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, dari hasil survei ditemukan bahwa kepuasan terhadap kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju didominasi oleh nama-nama yang memiliki tingkat pengenalan (awareness) yang tinggi. 

Ketujuh menteri tersebut yakni, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 12.8%, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 11.5%, Menteri BUMN Erick Thohir 5.8%, 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD 4.6%, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 4.2%, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 2.6%, dan Menteri Sosial Juliari P. Batubara 2.2%.

Baca: Survei Charta Politika: Prabowo Jadi Menteri Berkinerja Terbaik

"Berbicara tentang pandemi Covid-19 di Indonesia memang tidak akan jauh dari kinerja pemerintah dalam menangani dampak yang terjadi dan upaya-upaya pemerintah untuk membantu masyarakat Indonesia guna berlangsungnya kehidupan dan perekonomian di Indonesia," kata Yunarto saat menyampaikan rilis hasil survei, Rabu (22/7/2020).

Yunarto mengatakan, menteri-menteri Jokowi yang berada di posisi 7 besar tersebut telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam menangani dampak covid-19, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, maupun sosial.

"Mulai dari tes berkala, pembagian paket sembako sampai Bantuan Sosial Tunai, menteri-menteri seperti Sri Mulyani sampai Juliari P. Batubara kini menjadi perhatian masyarakat," kata Yunarto. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved