Breaking News:

Menkop Teten Masduki Ungkap Alasan Penyaluran LPDB Seluruhnya Melalui Koperasi

Teten Masduki menjelaskan alasan penyaluran pinjaman oleh Lembaga Penyalur Dana Bantuan Koperasi dan UKM (LPDB) seluruhnya melalui koperasi.

Tribunnews.com/Reynas Abdila
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan alasan penyaluran pinjaman oleh Lembaga Penyalur Dana Bantuan Koperasi dan UKM (LPDB) seluruhnya melalui koperasi.

Menurut Teten hal tersebut untuk memudahkan pembinaan ke depannya.

"Sebab jumlah UMKM terlalu besar, 64 juta dan mencar di mana-mana, kecil-kecil kalau kita tidak sederhanakan kelembagaan, channelingnya ini agak berat di pembinaan," katanya di Istana Negara, Kamis (23/7/2020).

Penyaluran melalui sentra sentra produksi saat ini menurut Teten, kurang tepat.

Baca: Menteri Teten Siapkan Tiga Fase Pemulihan Koperasi

Karena banyak UMKM yang dikerjakan di rumah masing-masing, sehingga relatif sulit dalam mengkonsolidasikan.

"Karena itu tahun ini LPDB 100 persen untuk koperasi, dengan begitu kami bisa mengkonsolidasi UMKM yang jumlahnya banyak lewat koperasi. Jadi pada kesempatan ini telah hadir koperasi penerima program PEN, melalui LPDB masing-masing 6 koperasi penerima restrukturisasi berupa penundaan pokok dan bunga serta 14 koperasi penerima perluasan modal kerja," katanya.

Baca: Menteri Teten Dorong Koperasi untuk Masuk ke Sektor Ekonomi Kreatif

Saat ini menurut Teten Kementerian Koperasi dan UMKM telah melakukan pembenahan secara menyeluruh termasuk di dalamnya reformasi kelembagaan LPDB, melalui pemberian kemudahan akses pembiayaan, penyelenggaraan inkubator wirausaha dan pendampingan usaha koperasi dan UMKM.

"Selanjutnya kami memohon terus dukungan dan arahan bapak presiden agar peran koperasi dan UMKM dalam perekonomian nasional kita semakin kuat," katanya.

Sebelumnya Presiden memerintahkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk segera memberikan relaksasi atau restrukturisasi kredit bada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved