Breaking News:

Virus Corona

Demokrat Minta Pemerintah Batasi Jumlah Siswa Jika Sekolah di Luar Zona Hijau Dibuka

"Jadi harus sangat hati-hati sekali, walaupun sudah hijau, apalagi di luar zona hijau," sambung Dede

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Siswa sekolah dasar negeri 002 Ranai melakukan aktivitas belajar menggunakan masker di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia, Selasa (4/2/2020). Mendikbud Nadiem Makarim membantah pernah mengeluarkan kepastian dimulainya kembali masa sekolah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Fraksi Demokrat Dede Yusuf meminta pemerintah untuk berhati-hati dalam memutuskan pembukaan sekolah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Pembukaan ini delematis, di saat sudah buka ternyata ditemukan ada guru yang positif (Covid-19), jika tidak sekolah, orang tua tidak mau membayar SPP. Anak kesulitan belajar PJJ (pembelajaran jarak jauh)," kata Dede saat dihubungi Tribunnews, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Baca: KPAI Minta Pemerintah Tidak Terburu-buru Buka Sekolah

"Jadi harus sangat hati-hati sekali, walaupun sudah hijau, apalagi di luar zona hijau," sambung Dede.

Menurut Dede, saat kegiatan belajar mengajar di sekolah mulai dibuka, maka pertemuan dalam satu ruangan harus dibatasi dengan jumlah siswa kurang dari 50 persen.

"Kemudian mengenakan masker, dan pembatas jarak meja, mencuci tangan sangat dibutuhkan," papar Dede.

Selain itu, kata Dede, guru maupun pekerja di sekolah harus melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) atau swab satu minggu sebelum pembukaan sekolah, untuk memastikan tidak ada yang positif Covid-19.

"Siapkan rapid test seminggu sekali. Jadi yang boleh dibika baru SMA/SMK, kemudian dua bulan berikutnya SMP. Orang tua yang paling menentukan apakah anak boleh masuk atau tidak," papar Dede.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, pemerintah berencana memberikan izin penyelenggaran sekolah tatap muka di luar zona hijau penyebaran Covid-19.

Menurut Doni, pemberian izin akan diberikan dan diumumkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved