Breaking News:

Di Masa Pandemi, Sekolah SPK Sudah Terbiasa Adopsi Pembelajaran Daring

sekolah SPK di Indonesia kini tengah berupaya mengadopsi pembelajaran jarak jauh yang ideal di tengah kondisi pandemi.

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fahdi Falevi

TRIBUNNEWS.COM - Dulu di dunia pendidikan, masyarakat begitu akrab dengan istilah sekolah internasional. Namun, berdasarkan Permendikbud Nomor 31 Tahun 2014, semua sekolah di Indonesia telah berubah status menjadi Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) per 31 Desember 2014.

SPK adalah satuan pendidikan yang dikelola atas dasar kerja sama antar Lembaga Pendidikan Asing dengan lembaga pendidikan Indonesia. Kurikulum yang diadopsi oleh sekolah berstatus SPK mengolaborasikan antara kurikulum internasional dengan kurikulum nasional.

Baca: Nadiem Makarim Blusukan di Bogor, Kunjungi Sekolah dan Dengar Curhat Guru

Baca: Kemendikbud Diminta Alihkan Anggaran POP untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh

Lantas, bagaimana kabarnya sekolah SPK saat ini, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang melanda tanah air sejak sekitar lima bulan lalu?

Berdasarkan rilis resmi Kemendikbud yang diterima Tribunnews pada Selasa (28/7/2020), sama seperti sekolah lainnya, sekolah SPK di Indonesia kini tengah berupaya mengadopsi pembelajaran jarak jauh yang ideal di tengah kondisi pandemi.

Ya, sama seperti sekolah pada umumnya, sekolah berstatus SPK turut berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perangkat daring.

Beberapa piranti daring, seperti Google Classroom, Zoom, dan Google Meet pun diberdayakan secara penuh untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Salah satu sekolah SPK yang memberikan pembelajaran efektif dan berkualitas secara jarak jauh adalah SD Mutiara Harapan Islamic School di Tangerang Selatan. Sekolah ini mengadopsi kurikulum nasional dan Cambridge Curriculum dengan penguatan pada aspek program Keislaman.

Sudah terbiasa manfaatkan pembelajaran daring

Kepala SD Mutiara Harapan Islamic School Jamaludin mengatakan sekolah telah mengawali pembelajaran jarak jauh sejak pertengahan Maret 2020. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kecepatan internet pun telah ditingkatkan.

Halaman
1234
Berita Populer
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved