Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Jokowi: Pilkada di Tengah Pandemi Harus Tetap Demokratis dan Aman dari Covid-19

Jokowi mengatakan, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 akan diselenggarakan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Capture YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas terkait persiapan pelaksaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, pada Rabu (5/8/2020) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 akan diselenggarakan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Meski begitu, Presiden berharap penyelenggaraannya tetap demokratis, jujur dan adil. Namun, tetap aman dari Covid-19.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas terkait persiapan pelaksaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentah tahun 2020 melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (5/8/2020) pagi.

Baca: Presiden Jokowi Pimpin Ratas Persiapan Pelaksanaan Pilkada 2020

Baca: KPU Pastikan Pilkada 2020 Siap Dilaksanakan, 31 Daerah Berpotensi Munculkan Calon Tunggal

Baca: Koalisi Poros Baru Muncul di Pilgub Sumbar, Audy Joinaldy Sebut Meramaikan Pilkada

"Yang kita harapkan tetap berjalan secara demokrati, luber, jurdil tapi yang paling penting tetap aman Covid," kata Jokowi.

Kepala Negara juga menekankan dua aspek yang harus menjadi pegangan dalam penyelenggaran Pilkada serentak 2020, mendatang.

"Ada dua hal yang menjadi tekanan utama, bahwa Pilkada 2020 harus semakin berkualitas dan juga aman Covid-19," jelas Presiden.

Menurut Jokowi, aspek kesehatan, aspek keselamatan petugas, peserta dan juga tentu saja pemilih harus jadi prioritas selama gelaran Pilkada

"Penerapan protokol kesehatan harus betul-betul menjadi sebuah kebiasaan baru dalam setiap tahapan di Pilkada. Sehingga tidak nantinya menimbulkan klaster baru atau gelombang baru dari covid yang kontraproduktif," kata Jokowi.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved