Breaking News:

Virus Corona

Banyak Kasus Penularan Covid-19 di Zona Hijau, KPAI Tak Setuju Pembukaan Sekolah di Zona Kuning

Anak-anak juga berpotensi menularkan Covid-19 kepada kakek neneknya. Sehingga kematian berpotensi akan meningkat, dan penularan berjalan terus.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Komisioner KPAI Retno Listyarti di SMAN 12 Kota Bekasi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti menyayangkan langkah pemerintah merevisi SKB 4 Menteri soal pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 ini.

Melalui revisi ini, pemerintah mengizinkan pembelajaran tatap muka pada zona kuning. Menurut Ratna, pembukaan sekolah sangat berisiko bagi anak-anak.

"KPAI memandang bahwa hak hidup dan hak sehat bagi anak-anak adalah yang lebih utama dimasa pandemi saat ini. Apalagi dokter Yogi dari IDAI dalam rapat koordinasi dengan Kemendikbud beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa anak-anak yang terinfeksi Covid-19, ada yang mengalami kerusakan pada paru-parunya," ujar Retno melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/8/2020).

Baca: Daftar 163 Wilayah Zona Kuning yang Diizinkan Belajar secara Tatap Muka di Sekolah

Menurut Retno, anak-anak juga berpotensi menularkan Covid-19 kepada kakek neneknya. Sehingga kematian berpotensi akan meningkat, dan penularan berjalan terus.

Berdasarkan data Gugus tugas Covid-19, daerah yang diizinkan membuka sekolah mencapai 249 kota kabupaten atau 43 persen jumlah peserta didik.

Retno menilai seharusnya pemerintah mengevaluasi SKB, sebelum melakukan revisi. Menurut Retno, selama ini banyak sekolah di zona hijau yang tidak memenuhi daftar periksa persyaratan pembelajaran tatap muka.

"Padahal, dari hasil pengawasan KPAI di 15 sekolah pada wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta, menunjukkan hasil hanya satu sekolah saja yang siap dan memenuhi daftar periksa, yaitu SMKN 11 Kota Bandung," ungkap Retno.

Selain itu, Retno menyoroti beberapa penularan Covid-19 yang terjadi akibat pembukaan sekolah di zona hijau.

Kasus Covid-19 sempat terjadi di Pariaman, Sumatera Barat. Ada satu guru dan satu operator sekolah yang terinfeksi Covid-19, padahal proses pembelajaran tatap muka sudah berlangsung satu pekan.

Halaman
12
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved