Breaking News:

Cegah Korupsi, Perusahaan Swasta RI Diajak Terapkan Sistem CAC

Sejak IICD berdiri, selalu mendukung praktik usaha sehat dengan menjalankan good corporate governance.

Kontan
Gerakan antikorupsi terus dilakukan, termasuk dari sektor swasta. Terbaru adalah launching sistem Collective Action Coalition (CAC) against Corruption alias CAC Anti Korupsi, Selasa (11/8/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan antikorupsi terus dilakukan, termasuk dari sektor swasta. Terbaru adalah launching sistem Collective Action Coalition (CAC) against Corruption alias CAC Anti Korupsi, Selasa (11/8/2020).

Peresmian sistem CAC Anti Korupsi Indonesia  didukung oleh Center for International Private Enterprises (CIPE), Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijkaan Governance, Asosiasi Emiten Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia, Kamar Dagang Indonesia, Perbanas serta IBL.

Ketua Umum Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD), Institusi Pendidikan Kedirekturan di Indonesia Sigit Pramono menyebut, CAC Antikorupsi diinisiasi sejak Oktober 2018. 

Baca: KPK Terus Dalami Kasus Korupsi Proyek Infrastruktur di Dinas PUPR Kota Banjar

Sistem ini mengadopasi sistem serupa yang berhasil di Thailand. Dan, sejak IICD berdiri, selalu mendukung praktik usaha sehat dengan menjalankan good corporate governance. 

Lewat CAC Anti Corupsi, Thailand berhasil mengajak lebih dari 1.000 perusahaan bergabung dengan platform CAC Anti Korupsi.  Ini adalah sistem yang mengajak para pebisnis untuk melakukan internalisasi praktik-praktik anti korupsi dengan menerapkan praktik Good corporate governance (GCG)

Sigit juga mengatakan,  program CAC Anti Korups ini mengajak swasta untuk membantu pemerintah dalam mencegah korupsi “CAC Anti Korupsi diluncurkan untuk mendukung program AntiKorupsi di Indonesia,” ujar Sigit, dalam peluncuran CAC Anti Korupsi secara daring, Selasa (11/8).

Untuk mewujudkan CAC Anti Korupsi,  dibentuk taskforce CAC  Indonesia yang diketuai Andi Ilham Said sebagai ketua. Andi dalam sambutannya mengatakan, CAC menjadi platform bisnis untuk mempersatukan pihak-pihak yg berintegritas dalam menegakkan sistim Anti korupsi secara lebih mudah dan sederhana.

Baca: Mantan Menteri Keuangan Malaysia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

“Koalisi CAC mengadopsi sistim yang sudah sukses di Thailand dan disesuaikan dengan kondisi di Indonesia,” ujar Andi.

Adapun puncak acara webinar ini adalah peluncuran secara resmi CAC Anti Korupsi Indonesia yang dipimpin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, didampingi Erry Riyana Hardjapamekas , Ketua Advisory, Committee CAC Indonesia), Sigit Pramono (Ketua Umum IICD) dan Andi Ilham Said (Ketua Task Force CAC Indonesia).

CAC merupakan suatu sistim Anti Korupsi yang yang dapat diadopsi di Indonesia.

Untuk itu CAC siap bekerjasama antara sektor swasta dgn pemerintah dan sipil untuk  teguh menjalankan bisnis tanpa korupsi, dan menjaga konsistensi dan keberlanjutan agenda korupsi di Indonesia, bukan hanya pemerintah, tapi juga pihak swasta, masyarakat sipil, media, akademisi dan sebagainya.

Berita ini tayang di Kontan dengan judul: Sukses di Thailand, CAC resmi meluncur dengan ajak swasta anti korupsi

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved