Breaking News:

Menteri PPPA Sebut Pentingnya Ajak Anak Praktikkan Nilai Pancasila di Kehidupan Nyata

Tidak hanya sebagai hapalan semata, seyogyanya setiap sila Pancasila harus mampu dihayati dan diamalkan oleh anak-anak Indonesia sejak dini.

HANDOUT
Menteri Bintang Puspayoga dalam seminar online“Maju dan Merdeka” Refleksi HUT RI Ke-75 Perspektif Perempuan yang diselenggarakan Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan, Kamis (6/8/2020). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Mafani Fidesya Hutauruk

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di era globalisasi ancaman intoleransi dan perpecahan, ideologi militan, serta ketidakadilan menjadikan tantangan tersendiri dalam menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada anak-anak.

Tidak hanya sebagai hapalan semata, seyogyanya setiap sila Pancasila harus mampu dihayati dan diamalkan oleh anak-anak Indonesia sejak dini.

Oleh karenanya, dibutuhkan peran orangtua dan institusi pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada anak.

Serta memberikan contoh keteladanan pada anak demi mewujudkan anak Indonesia sebagai generasi Pancasila.

Baca: Arti Logo HUT ke-75 RI, Perisai Garuda Pancasila dan Makna Angka 75

“Selain memastikan hak-hak anak-anak terpenuhi, terutama di masa pandemi, membekali mereka dengan nilai-nilai luhur Pancasila juga penting untuk dilakukan. Dalam memberi pemahaman nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak kita, alangkah baiknya jika kita bisa memberi contoh konkret kepada mereka. Untuk mempraktikkan pemahaman yang sudah anak-anak miliki, buka kesempatan seluas-luasnya bagi mereka untuk ikut berperan dalam aksi-aksi nyata. Mulailah libatkan anak sebagai mitra yang sejajar dengan kita, yang suaranya kita dengar dan pertimbangkan,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga pada Webinar “Pancasila dalam Tindakan: Anak Indonesia, Generasi Pancasila” yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI (BPIP RI) (10/08/2020).

Dalam memberikan contoh konkret pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kepada anak-anak, Menteri Bintang juga mengajak agar kita menyertakan tiap sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menyertakan Sila Pertama, kita tanamkan kepada anak-anak untuk menyertakan Tuhan dalam setiap langkah.

Baca: Kasus Viral Siswi SMK Digerayangi Teman-teman, Menteri PPPA Bintang Puspayoga: Jangan Sebar Video

Untuk menyertakan Sila Kedua, ajaklah anak untuk meningkatkan rasa persaudaraan, saling membantu, dan bergotong royong.

Lalu untuk menyertakan Sila Ketiga, marilah pahami bahwa Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya slogan semata, melainkan harus kita pegang erat, agar kita tidak mudah dipengaruhi oleh orang yang ingin memecah belah.

Untuk menyertakan Sila Keempat, ajak anak untuk menjunjung tinggi demokrasi dan hargai pendapat sekecil apapun karena semua mempunyai kesempatan yang sama.

Terkait Sila Kelima, ajak anak untuk ikut merangkul semua pihak untuk bisa maju bersama-sama.

Penulis: Mafani Fidesya Hutauruk
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved