Breaking News:

Virus Corona

Pakar Epidemiologi Sebut Kasus Covid-19 Bisa Capai 1 Juta, Pemerintah Jelaskan Fokus Penangannan

Pemerintah kini fokus pada penanganan kasus Covid-19 yang menimbulkan gejala atau simptomatik.

https://covid19.go.id/
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah kini fokus pada penanganan kasus Covid-19 yang menimbulkan gejala atau simptomatik.

Penanganan tersebut tanpa mengabaikan mereka yang positif namun tidak menimbulkan gejala.

Sebelumnya pakar Epidemiologi Dicky Budiman menyebut kasus positif Covid-19 di Indonesia seharusnya mencapai satu juta karena banyak yang tidak menimbulkan gejala (OTG).

Baca: Kemungkinan Pakai Vaksin Covid-19 yang Diproduksi Lebih Cepat Ketimbang Sinovac, Ini Kata Pemerintah

"Saat ini kita fokus pada penangangan kasus-kasus yang simptomatik dan bergejala supaya mereka bisa sembuh dan aman," kata Wiku di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (11/8/2020).

Meskipun demikian, menurut Wiku, pada saat yang bersamaan pemerintah terus menggenjot jumlah tes Covid-19. Sehingga mereka yang OTG atau asimptomatik dapat teridentifikasi.

"Lalu kemudian di isolasi mandiri," kata Wiku.

Baca: Putin Klaim Rusia Jadi Negara Pertama di Dunia Produksi Vaksin Covid-19

Langkah tersebut menurut Wiku, telah dilakukan sejumlah daerah, salah satunya DKI Jakarta. Oleh karenanya jumlah kasus positif di DKI sangat tinggi per harinya.

"Semua ini, yang perlu kita perhatikan adalah perubahan perilaku, karena potensi penularan dari kasus-kasus yang tak bergejala bisa ditekan apabila protokol kesehatan dilakukan dengan baik," katanya.

Pemerintah menurut Wiku terus berupaya agar daerah lain bisa seperti DKI dalam melakukan pengetesan dan pelacakan. Meskipun, kemampuan yang dimiliki wilayah lain tidak seperti di DKI.

"Hal ini juga sedang dilakukan oleh berbagai daerah di Indonesia. Dan harapannya agar dapat meniru apa yang terbaik yang telah dilakukan di Jakarta," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved