Breaking News:

Sidang Etik KPK

Selama Semester I KPK Era Firli Bahuri Buka 43 Penyidikan Baru

Sejak Januari hingga Juni 2020, tercatat KPK telah membuka 43 penyidikan perkara baru serta puluhan tindak penyelidikan kasus tindak pidana korupsi.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menunjukkan tersangka beserta barang bukti saat konferensi pers terkait OTT Kutai Timur di gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). KPK resmi menahan Bupati Kutai Timur Ismunandar, Ketua DPRD Kutai Timur yang juga Istri Bupati Encek Unguria, Kadis PU Kutai Timur Aswandini, Kepala Bapenda Kutai Timur Musyaffa, Kepala BPKAD Kutai Timur Suriansyah, Kontraktor Aditya Maharani, dan Decky Aryanto terkait dugaan kasus korupsi dalam bentuk penerimaan hadiah atau janji terkait pekerjaan infrastruktur di lingkungan Kabupaten Kutai Timur tahun 2019-2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) era Firli Bahuri memaparkan catatan kinerja sepanjang semester I.

Sejak Januari hingga Juni 2020, tercatat KPK telah membuka 43 penyidikan perkara baru serta puluhan tindak penyelidikan kasus tindak pidana korupsi.

Selain itu, KPK jilid V baru melakukan giat operasi tangkap tangan (OTT) sebanyak dua kali.

"Secara total pada semester satu KPK melakukan 78 tindakan penyelidikan, 43 penyidikan baru, dan 117 perkara dari sebelum tahun 2020. Sehingga total ada 160 penyidikan pada semester ini," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam konferensi pers secara daring yang ditayangkan di akun YouTube KPK RI, Selasa (18/8/2020).

Baca: Momen HUT RI ke-75, KPK: Perjuangan Lebih Sulit Karena Lawan Bangsa Sendiri

Dari angka yang disebutkan, pada semester I ini, KPK telah menetapkan 53 tersangka dari 43 penyidikan baru tersebut.

"38 tersangka sudah dilakukan penahanan," beber Nawawi.

Sementara terkait pengembangan penyidikan, KPK telah melakukan penggeledahan sebanyak 25 kali dan penyitaan sebanyak 201 kali dalam sejumlah tindak pidana korupsi.

Lebih lanjut, lembaga antirasuah ini juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 3.512 saksi dalam rangka melengkapi berkas perkara di bidang penyidkan.

Jika dibandingkan dengan KPK era Agus Rahardjo, angka penindakan pada semester pertama era kepemimpinan Firli Bahuri terhitung lebih sedikit.

Pada semester awal era Agus Rahardjo cs tercatat melakukan OTT sebanyak sembilan kali di bulan Januari-Juli 2016.

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved