Breaking News:

Virus Corona

Penutupan Pintu 59 Negara Bagi WNI Bakal Berdampak Buruk untuk Citra Indonesia

Komisi I DPR menilai penutupan pintu masuk 59 negara terhadap warna negara Indonesia (WNI) akan berdampak buruk terhadap citra Indonesia di mata dunia

ist
KJRI Istanbul kembali memfasilitasi repatriasi mandiri 227 WNI di Turki (04/07/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi I DPR menilai penutupan pintu masuk 59 negara terhadap warna negara Indonesia (WNI) akan berdampak buruk terhadap citra Indonesia di mata dunia.

"Memang keputusan 59 negara yang menutup pintu bagi WNI, nantinya berdampak negatif terhadap citra, harkat dan martabat Indonesia di pentas peradaban internasional," kata Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha kepada wartawan, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Baca: Larangan WNI Masuk ke Negara Lain Bisa Jadi Bahan Introspeksi Penanganan Covid-19 di Indonesia

Baca: Larangan WNI Masuk ke Negara Lain, Seharusnya Indonesia Juga Selektif Menerima Orang Asing

Syaifullah Tamliha
Syaifullah Tamliha (MPR RI)

Menurut Syaifullah, dunia internasional nantinya pun akan menyebut Indonesia tidak mampu menekan penyebaran virus Covid-19 secara baik, dengan mengabaikan protokol kesehatan

"Bisa saja persepsi dunia akan mengatakan bahwa kita adalah negara yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, yang telah dipandu oleh WHO dan Menteri Kesehatan kita sendiri," ujar Syaifullah.

Selain itu, kata Syaifullah, penutupan akses masuk tersebut akan berdampak pada sektor ekonomi nasional dan akhirnya terjadi krisis di tanah air.

"Berdampak ke ekonomi, terutama bantuan dari luar negeri dan berpengaruh terhadap bursa saham, serta nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing," papar politikus PPP itu.

Diketahui, 59 negara melarang warga Indonesia masuk ke negaranya.

Hal tersebut dilakukan karena tingginya angka kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved