Breaking News:

Kejaksaan Agung Kebakaran

Kejaksaan Agung Dukung Upaya Polri Temukan Tersangka Kasus Kebakaran Gedung Kejagung

Kejaksaan Agung RI mendukung upaya yang dilakukan Polri mengungkap tersangka kasus kebakaran Gedung Utama Kejagung.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Gedung Kejaksaan Agung RI di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, tampak ludes usai dilalap si jago merah, Minggu (23/8/2020). Hampir keseluruhan bangunan Kantor Kejagung hangus akibat kebakaran yang terjadi pada Sabtu (22/8/2020) malam hingga Minggu pagi. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kejaksaan Agung RI mendukung upaya yang dilakukan Polri mengungkap tersangka kasus kebakaran Gedung Utama Kejagung.

"Pada prinsipnya pimpinan Kejagung mendukung penuh pengungkapan peristiwa pidana ini. Ini kita laksanakan bersama-sama sejak awal terbentuknya posko bersama di Kejagung," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum) Fadil Zumhana di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Lebih lanjut, Fadil juga mengapresiasi kerja keras Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk mengungkap kasus kebakaran tersebut.

Baca: Bareskrim Harus Selidiki Siapapun yang Terlibat Kebakaran Termasuk Orang Dalam Kejaksaan

"Seperti yang disampaikan Kabareskrim tadi, peristiwa ini diangkat jadi suatu peristiwa pidana pada hari ini berdasarkan gelar perkara yang kami hadiri. Kita sama-sama tim penyelidik maupun puslabfor inafis berusaha sungguh-sungguh untuk mengungkap peristiwa ini sehingga hari ini kami sepakat untuk lebih detail mengungkap peristiwa pidana ini tentu harus ditingkatkan ke peristiwa penyidikan," ungkapnya.

Di sisi lain, Fadil menuturkan penyidikan yang dilakukan untuk membuat peristiwa pidana menjadi lebih terang.

Baca: Kejaksaan Agung Kembalikan Berkas Kasus Red Notice Djoko Tjandra ke Bareskrim

Jaksa Agung RI ST Burhannudin pun menurutnya mendukung penuh agar kasus ini diungkap secara transparan.

"Penyidikan itu gunanya untuk membuat terang suatu peristiwa pidana, menemukan tersangka dan bukti-bukti yang terkait peristiwa pidana itu. Pada prinsipnya bapak Jaksa Agung RI sungguh sungguh akan membuka masalah ini supaya terjawab nanti dan nanti akan kita gulirkan di persidangan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Bareskrim Polri akhirnya mengungkap penyebab kebakaran hebat yang terjadi di gedung utama kejaksaan agung RI, Jakarta pada Sabtu (22/8/2020). Setelah hampir sebulan penyidikan, penyebab kebakaran itu pun akhirnya terungkap.

Kabareskrim Polri Komjen pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan sumber api bukan berasal dari hubungan pendek arus listrik. Akan tetapi, sumber api berasal dari nyala api terbuka atau open flame.

Baca: Update Terbaru Kasus Kebakaran Gedung Kejagung, Bareskrim Temukan Dugaan Unsur Pidana

"Dari hasil olah TKP, puslabfor menyimpulkan sumber api tersebut bukan karena hubungan arus pendek tapi diduga karena open flaem atau nyala api terbuka," kata Listyo di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved