Breaking News:

Viral Lelang Surat Nikah-Surat Cerai Bung Karno, Mardani: Kalau Pemerintah Mau Beli Akan Lebih Bagus

Kalau pemerintah mau membeli bagus, karena termasuk heritage warisan sejarah. Di wakafkan lebih baik oleh keluarga dan pemerintah memberi kompensasi

Instagram @popstoreindo
Surat nikah Presiden RI Pertama Soekarno dan Inggit Garnasih 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Surat nikah dan surat perjanjian cerai antara Ir Soekarno alias Bung Karno dengan Inggit Garnasih milik keluarga almarhumah Inggit Garnasih akan dijual.

Kabar itu pertama kali diketahui dari unggahan Instagram @Popstorindo yang dikelola oleh Yulius‎ Iskandar yang diunggah pada Rabu (23/9/2020).

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menilai surat nikah dan cerai Bung Karno tersebut termasuk sebagai warisan sejarah.

Karenanya, Mardani mengatakan akan lebih baik jika pemerintah membeli surat tersebut.

"Kalau pemerintah mau membeli bagus, karena termasuk heritage warisan sejarah. Di wakafkan lebih baik oleh keluarga dan pemerintah memberi kompensasi," ujar Mardani, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (24/9/2020).

Surat tersebut diketahui dilelang secara terbuka dengan harga penawaran dimulai dari Rp25 miliar. Harga yang mahal dianggap wajar oleh Mardani.

Alasannya surat tersebut sudah menjadi milik pribadi. Apalagi Bung Karno adalah pendiri negara, maka tak salah bila kemudian harga yang ditawarkan cukup tinggi.

Tangkapan layar anggota Komisi II DPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera saat diskusi bertajuk Menyoal Carut Marut Komunikasi dan Kebijakan Publik Di Masa Pandemi melalui virtual, Senin (18/5/2020)
Tangkapan layar anggota Komisi II DPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera saat diskusi bertajuk Menyoal Carut Marut Komunikasi dan Kebijakan Publik Di Masa Pandemi melalui virtual, Senin (18/5/2020) (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda)

Oleh karena itu, anggota Komisi II DPR RI tersebut mengimbau masyarakat di luar sana menjadikan hal-hal semacam ini sebagai pelajaran. Bahwa menjaga barang bersejarah itu penting dan dapat bernilai tinggi.

"Karena barang privat maka itu milik pribadi. Menjadi berharga karena Bung Karno adalah pendiri negara. Wajar jika si empunya, mungkin keluarga besar, menghargainya dengan mahal. Ini baik dan jadi pelajaran publik menjaga barang bersejarah bisa bernilai tinggi di kemudian hari," kata Mardani.

Baca: Viral Lelang Surat Nikah dan Surat Cerai Bung Karno, Politikus PDIP: Itu Tidak Pantas

Sebelumnya diberitakan, surat nikah dan surat perjanjian cerai antara Ir Soekarno alias Bung Karno dengan Inggit Garnasih milik keluarga almarhumah Inggit Garnasih akan dijual.

Halaman
1234
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved