Breaking News:

Ketua MPR: Lembaga DPD RI Perlu Diperkuat Kewenangannya

ke depan DPD memang perlu diperkuat kewenangannya bukan hanya dalam bidang legislasi melainkan juga fungsi pengawasan dan anggaran

Tribunnews.com/Chaerul Umam
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyarankan agar ke depannya DPD RI perlu diperkuat kewenangannya.

Bukan hanya dalam bidang legislasi melainkan juga fungsi pengawasan dan anggaran.

Hal itu disampaikannya dalam webinar memperingati HUT ke-16 DPD RI, Selasa (29/9/2020).

"Saudara-saudara sekalian ke depan DPD memang perlu diperkuat kewenangannya bukan hanya dalam bidang legislasi melainkan juga fungsi pengawasan dan anggaran. DPD perlu menjadi penyeimbang dalam pelaksanaan tugas DPR dan pemerintah," kata Bamsoet.

Mantan Ketua DPR RI itu berharap, DPR MPR dan juga DPD memiliki sudut pandang yang sama, setiap lembaga negara yang dibentuk dengan mandat kekuasaan rakyat haruslah memiliki kekuasaan untuk dipergunakan sebesar-besarnya kepentingan rakyat itu sendiri.

Menurutnya, masa depan demokrasi Indonesia satu diantaranya ditentukan terwujudnya kedaulatan rakyat melalui lembaga DPD yang mempunyai kewenangan mandiri.

Sehingga berbagai perbedaan dan keberagaman bangsa dan negara Indonesia yang meliputi wilayah penduduk kultur agama nilai nilai historis dapat diperjuangankan dan dirumuskan dalam kebijakan nasional.

"Untuk itu menurut hemat saya sebaiknya kita memandang keberadaan DPD secara proporsional dan meletakkannya dalam konteks dalam 'menjadi atau proses bikamend' dalam jangka panjang daripada melihatnya sebagai suatu wujud yang baku dan final," ujarnya.

Jika demikian cara pandang yang dilakukan, lanjut Bamsoet, maka perjuangan untuk memperkuat DPD baik dalam bidang legislasi anggaran dan pengawasan harus dilihat sebagai perjuangan jangka panjang terus menerus tekun dan sabar.

Baca: DPD Akan Minta BPK Audit Administrasi Keuangan yang Ditandatangani Donny Moenek Sejak 6 Mei 2020

Ia menambahkan, persoalannya penguatan DPD ke depan bukan hanya memerlukan pengembenagn kelembagaan DPD sendiri.

Namun semata-mata melainkan juga harus bisa meyakinkan berbagai pihak yang masih keberatan dan menolak eksistensi DPD.

"Sehingga mereka percaya sepenuhnya bahwa keberadaan DPD yang kuat merupakan suatu keperluan bahkan keniscayaan bagi bangsa kita," pungkas Bamsoet.

Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved