Breaking News:

Mahfud MD Nilai Tahapan Kampanye Pilkada Serentak Berjalan Cukup Baik

Meski ia tak menampik masih terjadi pelanggaran, namun jumlahnya dinilai tidak terlalu signifikan

TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai pelaksanaan kampanye dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 pada minggu pertama berjalan sudah cukup baik.

Meski ia tak menampik masih terjadi pelanggaran, namun jumlahnya dinilai tidak terlalu signifikan.

“Ada (pelanggaran) di 53 (daerah) terjadi, di 53 dari 309 daerah kabupaten dan kota, jadi kira-kira 15% dan itu kecil-kecil, tidak menimbulkan kegaduhan,” kata Mahfud di Jakarta, Jumat (2/10/2020)

Dalam Kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020 di kantor Kemendagri, Mahfud juga menyinggung soal pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di Kota Tegal.

Padahal kota tersebut notabene bukan daerah yang melaksanakan Pilkada.

Baca: Mahfud MD Duga ada Dua Kepentingan Atas Tewasnya Pendeta Yeremia Zanambani di Intan Jaya

Ia berujar telah menginstruksikan kepada TNI, Polri, dan seluruh aparat penegak hukum untuk melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 agar kejadian serupa tidak terulang

Mahfud menginstruksikan aparat melakukan penegakan protokol Covid-19 melalui 3 strategi atau pendekatan yakni secara mitigatif atau preventif (cegah), persuasive (mengajak), jika pelanggaran masih dilakukan penindakan dapat dilakukan secara represif.

“Jika sudah diberitahu secara baik-baik, tidak usah ribut, selesai ya selesai. Tapi kalau diperlukan harus ada tindakan represif, artinya penegakkan hukum yang sifatnya ultimum remedium,” katanya

“Saya katakan kepada Polri, TNI, Satpol PP dan aparat penegak hukum, sekali kita lembek, sekali kita kalah terhadap pelanggaran, akan terjadi pelanggaran berikutnya dan di tempat lain berikutnya, sehingga masalah ini tetap harus tegas, disiplin protokol kesehatan,” tegas Mahfud.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved