Breaking News:

Penanganan Covid

36 Kabupaten/Kota Keluar dari Zona Merah Covid-19, Termasuk Jakarta Timur dan Depok

agar status zona merah berubah menjadi zona oranye, maka daerah perlu meningkatkan skor menjadi 1,81 dari sejumlah indikator.

https://covid19.go.id/
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -  Terdapat 36 kabupaten atau kota berhasil keluar dari zona merah atau beresiko tinggi penyebaran Covid-19.

Demikian dikatakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers secara virtual dari Istana Kepresidenan , Jakarta, Selasa, (6/10/2020).

Ke-36 daerah tersebut, di antaranya Jakarta Barat, Jakarta Timur,  Kota TangerangTangerang Selatan, Tangerang,  Depok, Cirebon , dan Kota Cirebon. 

Selain di Banten, DKI, dan Jabar, wilayah yang menurun statusnya juga terdapat di Sumatera, yakni Aceh jaya, Pidie Jaya, Tapanuli Tengah, Langkat, Labuhan Batu Utara, Kota Binjai Kota Gunung Sitoli, Solok dan Sijunjung.

Baca: Pekan Pertama Oktober, Jumlah Testing Covid-19 Indonesia Masih di Bawah Standar WHO

"Dari Riau adalah Indragiri Hilir dan Kota Dumai. dari Bengkulu adalah Mukomuko," kata Wiku 

Selain itu di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali yakni Kebumen, Semarang, Kota Pekalongan, Lumajang, Banyuwangi, Kota Probolinggo, dan Kota Mojokerto. 

Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona
Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona ((Shutterstock/Petovarga))

"Dari Sulawesi Selatan yaitu Luwu Timur dan Kota Palopo. Dari Sulawesi Tenggara adalah Kota Kendari, dari Gorontalo adalah Kota Gorontalo dan dari Papua adalah Jayapura dan Papua Barat adalah Manokwari," katanya.

Wiku mengatakan bahwa agar status zona merah berubah menjadi zona oranye, maka daerah perlu meningkatkan skor menjadi 1,81 dari sejumlah indikator, yakni epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

"10 kabupaten/kota di zona merah dengan skor yang mendekati 1,81 adalah Kalimantan Selatan yaitu Tabalong, Jawa Barat yaitu Kota Bandung, DKI Jakarta yaitu Jakarta Utara, dari Jambi adalah Tanjung Jabung Barat, dari Sumatera Utara adalah Kota Tebing Tinggi," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved