Breaking News:

Penanganan Covid

Jumlah Wilayah Zona Merah Covid-19 di Indonesia Turun

Jumlah wilayah yang masuk zona merah menurun menjadi 54 Kabupaten atau kota. Sebelumnya tercatat 62 kabupaten atau kota.

https://covid19.go.id/
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Berdasarkan peta zonasi per 4 Oktober 2020, terdapat penurunan jumlah kabupaten atau kota yang berstatus zona merah atau beresiko tinggi penyebaran Covid-19.  

Jumlah wilayah yang masuk zona merah menurun menjadi 54 Kabupaten atau kota. Sebelumnya tercatat 62 kabupaten atau kota. 

"Sementara kalau kita lihat zona oranye (sedang) meningkat jumlahnya dari 305 kabupaten kota menjadi 307 kabupaten kota," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, (6/10/2020).

Sementara itu jumlah wilayah yang berstatus zona kuning atau rendah penyebaran Covid-19 mengalami kenaikan dari 112 kabupaten atau kota menjadi 121. Sementara jumlah wilayah zona hijau atau tidak ada kasus baru menurun dari 19 kabupaten/kota menjadi 17 kabupaten/kota. 

Baca: Wiku Adisasmito Sebut Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia di Bawah Rata-rata Dunia

"Ini adalah perkembangan yang baik karena semakin banyak wilayah yang zona risikonya menurun menjadi resiko rendah," katanya.

Untuk wilayah kabupaten atau kota yang tidak terdampak, jumlahnya menurun dari 16 kabupaten kota menjadi 15. Wilayah zona hijau baik itu tidak ada kasus baru maupun tidak terdampak, jumlahnya menurut Wiku harus terus dijaga.

"Bahkan ditingkatkan sehingga perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia dapat terus membaik," katanya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved