Breaking News:

Indikator Politik: Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi 68 Persen

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Untuk variabel survei, Indikator menyebut kinerja Presiden mencakup secara umum, tak hanya soal penanganan pandemi Covid-19.

Dari hasil temuan Indikator, tercatat persentase kepuasan kinerja Presiden Jokowi selama September tahun ini sebesar 68,3 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menyebut tren kepuasan kinerja Jokowi tahun ini cenderung stagnan.

Baca juga: Fatwa MUI Jadi Rujukan Umat Islam Menghadapi Pandemi Covid-19

"Sekian tahun terakhi flat di angka 60 an persen. Bahkan, pandemi (Covid-19) tidak mampu menurunkan kepuasan terhadap kinerja Presiden," kata Burhanuddin dalam rilis survei Indikator bertajuk Mitigasi Dampak Covid-19: Tarik Menarik antara Kepentingan Ekonomi dan Kesehatan, secara daring, Minggu (18/10/2020).

Dari grafik yang dipaparkan Burhanuddin, terlihat pada bulan Februari, Mei, dan Juli, persentase kepuasan kinerja Jokowi berturut-turut yakni 69,5 persen, 66,5 persen, dan 65,2 persen.

Baca juga: Presiden Jokowi akan Beri Sambutan Secara Virtual saat Puncak HUT ke-56 Golkar

Burhanuddin kemudian membandingkan tingkat kepuasan kinerja Jokowi dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, meskipun tak menyebutkan sumbernya.

"Saya dapat datanya, Duterte itu yang puas 91 persen. Memang tidak setinggi Duterte, tapi yang menarik Presiden Jokowi tidak mengalami penurunan kepuasan meskipun masyarakat mengalami pandemi," katanya.

Baca juga: Moeldoko Tegaskan UU Cipta Kerja Sesuai Janji Jokowi Membangun Indonesia Maju

Jika ditarik sejak Jokowi menjabat pada periode pertama, Indikator mencatat kepuasan terendah terhadap kinerja Jokowi terjadi pada Juni 2015, yakni sebesar 40,7 persen.

Sementara, untuk persentase kepuasan tertinggi kinerja Jokowi sejak periode pertama, menurut data Indikator, yaitu pada September 2018 dengan angka 72,4 persen.

Survei Indikator ini menggunakan jumlah responden sebanyak 1.200 orang yang diwawancara via telepon.

Metode yang digunakan adalah simple random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Survei dilakukan dalam rentang antara periode 24 sampai dengan 30 September 2020.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved