Breaking News:

UU Cipta Kerja

Fadli Zon Kritik Cara Polri Tangani Demonstrasi: Pendekatannya Harus Civilian, Bukan Militeristik

Fadli Zon meminta aparat Kepolisian menggunakan pendekatan sipil kepada massa yang melakukan demonstrasi di tanah air.

Tribunnews.com/Chaerul Umam
Fadli Zon. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Fadli Zon meminta aparat Kepolisian menggunakan pendekatan sipil kepada massa yang melakukan demonstrasi di tanah air.

Menurutnya, tindakan Polisi dalam menangani aksi demonstrasi dan menangkap seseorang yang melakukan kritik kepada pemerintah, merupakan kemunduran demokrasi.

"Polisi itu pendekatannya harus civilian, bukan pendekatan militeristik. Polisi harusnya memproteksi kepentingan kalangan sipil, bukan sebaliknya menganggap berbeda sebagai musuh," kata Fadli Zon dalam webinar, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Polri Mengaku Tak Tahu Penyidik Bawa Surat Penangkapan Saat Datangi Kantor Pentinggi KAMI Ahmad Yani

Fadli Zon melihat, video-video yang memperlihatkan Polisi sedang memukul dan menggebuki massa pedemo beberapa waktu lalu, menunjukkan pendekatan yang bukan berbasis sipil.

"Seolah-olah yang namanya demonstrasi, suatu kegiatan kriminal. Padahal bukan, ini kegiatan yang dijamin konstitusi," katanya.

Baca juga: Gagal di Percobaan Penangkapan, Bareskrim Jadwal Ulang Pemeriksaan Tokoh KAMI Ahmad Yani

Selain itu, Fadli Zon juga menyoroti tindakan Polisi yang menangkap tokoh KAMI Syahganda Nainggolan dan Jumhur Hidayat, yang diperlakukan seperti teroris.

"Sudah sangat keterlaluan, sudah menginjak-injak demokrasi, dijemput seperti teroris. Ini perlu dikoreksi, seharusnya sekarang tidak boleh terjadi," kata Fadli Zon.

Tak menyasar KAMI

Karo Penmas Humas Polri Brigjen Awi Setyono membantah kepolisian menyasar sejumlah tokoh Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) terkait maraknya penangkapan aktivis yang mengkritik pemerintah.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved