Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Hari Ini Kamis 29 Oktober: 8 Wilayah Ini Berpotensi Hujan Petir & Angin Kencang

BMKG merilis peringatan dini berpotensi terjadi besok, Kamis (29/10/2020). Waspada terdapat 8 wilayah berpotensi hujan petir dan angin kencang.

https://www.freepik.com/
Ilustrasi hujan petir 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia.

Informasi peringatan dini cuaca ekstrem ini berlaku untuk hari ini, Kamis (29/10/2020).

BMKG melalui laman resmi bmkg.go.id, memprediksi terdapat 8 wilayah berpotensi hujan petir dan angin kencang yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Siklon Tropis MOLAVE terpantau di Laut Cina Selatan dengan arah gerak ke Barat-Barat Laut dengan tekanan 955 hPa dan kecepatan angin maksimum mencapai 80 knot.

Diprakirakan intensitasnya akan melemah dalam 24 jam ke depan serta memberikan dampak peningkatan kecepatan angin akibat terinduksi dari suatu sistem (low level jet) yang mencapai >25 knot di Laut Cina Selatan.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan Utara Papua Barat yang membentuk konvergensi memanjang di Papua Barat dan Papua.

Daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) juga terpantau memanjang di Aceh, dari Perairan Barat Sumatera Utara hingga Laut Natuna, dari perairan Selatan Jawa Tengah hingga Sumatera Selatan.

Selain itu konvergensi juga terpantau dari Kalimantan Selatan hingga KalimantanUtara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dan di NTT.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Ilustrasi Cuaca-BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Sabtu, 7 Maret 2020, 15 Wilayah Alami Hujan Petir & Angin.
Ilustrasi Cuaca-BMKG (Tribunnews.com)

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

Halaman
1234
Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved