Breaking News:

Operasi Zebra Kreatif Humanis Polri Tuai Apresiasi

Upaya kreatif dan humanis Polri khususnya Korlantas dalam melaksanakan Operasi Zebra yang bersamaan

TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, M.H memberikan arahan kepada jajaran Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Arman Achdiyat bersama Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto sert para Kasatlantas wilayah Polda Jawa Tengah di Gerbang Tol Pejagan, Jawa Tengah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upaya kreatif dan humanis Polri khususnya Korlantas dalam melaksanakan Operasi Zebra yang bersamaan dengan momen liburan panjang kemarin mendapat respon positif dari Jaringan Islam Kebangsaan (JIK). Koordinator Nasional JIK menilai upaya Korlantas melaksanakan Operasi Zebra 2020 sangat kontekstual.

Operasi Zebra dilaksanakan secara kreatif dan berbeda oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Sebagaimana Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono tegaskan bahwa operasi Zebra 2020 menghindari langkah refresif.

"Saya sampaikan bersamaan dengan kegiatan libur panjang ini, Kepolisian juga menggelar Operasi Zebra yang berorientasi kepada pencegahan Covid-19," tegas Irjen Pol Istiono. Ini pun merupakan ejawantah dari perintah Bapak Kapolri yang tegas ingatkan agar dalam Operasi Zebra ini kedepankan langkah humanis dan hindari tindakan penilangan lanjut Istiono.

Melaksanakan perintah Kakorlantas, Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Polisi Rudy Antariksawan menegaskan bahwa Operasi Zebra 2020 ini berbeda dengan operasi-operasi Zebra sebelumnya.

Pasalnya Korlantas Polri mengedepankan pola preventif dan preemtif. Mengutamakan pencegahan dengan cara mengedukasi, memberikan pengarahan dan penyuluhan kepada masyarakat.

“Operaasi Zebra bertujuan agar masyarakat lebih tertib atau mentaati aturan lalu lintas. Karena kita masih berada di dalam suasana pendemi, upaya Korlantas tersebut sangat kontekstual. Selain menjaga kecelakaan lalu lintas, Korlantas berupaya mendisiplinkan masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Irfaan.

Selain itu, Operasi Zebra di tengah pandemi kali ini, tidak hanya dilaksanakan semata-mata untuk mengatur kelancaran dan ketertiban pengguna jalan. Korlantas Polri juga membagikan bantuan sembako dan masker kepada para pengemudi.

“Jadi publik melihat Operasi Zebra 2020 ini mengedepanakan tindakan yang simpatik dan humanis. Jadi tidak ada tindakan-tindakan razia dan kemudian pemeriksaan-pemeriksaan karena akan menjadi suatu kerumunan,” terang Irfaan.

JIK mengapresiasi Operasi Zebra yang biasanya dilakukan dengan pemeriksaan Surat Kelengkapan Berkendara, kali ini Korlantas Polri melaksanakan Operasi Zebra 2020 dengan kegiatan sosial pemberian sembako kepada awak sopir truk.

"Arahan Pak Kapolri yang memerintah Operasi Zebra diterjemahkan Korlantas dengan cara kreatif dan humanis."

Halaman
12
Editor: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved