Breaking News:

Menko PMK : Bela Negara Bukan Wajib Militer

Menko PMK Muhadjir Effendy menilai sikap bela negara tidak harus ditumbuhkan dengan cara wajib militer.

TRIBUNNEWS/DANANG TRIATMOJO
Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Graha BNPB, Matraman, Jakarta, Senin (2/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menilai generasi muda harus dibekali nilai-nilai kecintaan terhadap tanah air sejak dini.

Menurutnya, nilai kecintaan kepada tanah air akan memperbesar semangat generasi muda untuk membangun Indonesia.

“Nilai kecintaan terhadap Tanah Air akan tumbuh seiring dengan pembentukan sikap bela negara. Dan sikap bela negara itu harus dibangun sejak mulai TK, SD, SMP, SMA, sehingga ketika masuk perguruan tinggi sudah waktunya mahasiswa memanen rasa cinta terhadap Tanah Air," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Menko PMK: Seks Bebas Bertentangan dengan Budaya Bangsa Indonesia

Dirinya menilai sikap bela negara tidak harus ditumbuhkan dengan cara wajib militer.

Sikap bela negara, menurutnya, lebih kepada upaya untuk membangun kesadaran melalui cara berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaan pada negara.

"Saya tegaskan namanya bela negara bukan wajib militer. Beda dengan pertahanan. Jadi bela negara bukan pertahanan nasional, tapi bela negara adalah cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang didasarkan pada kecintaan terhadap negara dalam hal ini NKRI," ucap Muhadjir.

Baca juga: Menko PMK: Pemerintah Berhasil Memanfaatkan Momentum Pandemi Covid-19

Meski begitu, Muhadjir mengatakan dengan wajib militer seseorang terutama generasi muda akan memiliki tingkat kedisiplinan yang lebih tinggi.

Selain itu juga bisa menanamkan jiwa patriotisme dan semangat untuk membela negara.

“Biarlah mereka tumbuh menghadapi tantangannya. Karena orang yang matang itu tumbuh karena tertantang. Yang perlu juga dibangun adalah semangat perjuangan untuk terus membela negara dan menciptakan kemajuan bangsa dengan didasari kecintaan pada NKRI," pungkas Muhadjir.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved