Breaking News:

Virus Corona

Jumlah Pengangguran Meningkat Akibat Covid-19, Komisi VII: Beri Akses untuk Miliki Keterampilan Baru

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Eddy Soeparno mengatakan pengangguran yang meningkat merupakan imbas dari melemahnya kegiatan ekonomi

Surya/Ahmad Zaimul Haq
ilustrasi: Pencari kerja memadati East Java Talent and Career Exhibition yang digelar di JX International Expo, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/9/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah pengangguran per Agustus 2020 meningkat 2,67 juta orang sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Eddy Soeparno mengatakan pengangguran yang meningkat merupakan imbas dari melemahnya kegiatan ekonomi.

"Nah sekarang memang tak bisa dielakkan terjadi pengangguran. Karena ini merupakan ekses dari berhenti dan melemahnya sejumlah kegiatan ekonomi (akibat pandemi Covid-19)," ujar Eddy, ketika dihubungi Tribunnews.com, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Komisi XI: Resesi Tidak Terelakkan, Tak Mungkin Dorong Konsumsi-Investasi Jika Masih Ada Wabah

Namun demikian, Eddy menilai pemerintah perlu melaksanakan hal-hal yang mungkin dapat membantu para pengangguran yang terdampak pandemi.

Salah satunya dengan memberikan bantuan langsung tunai hingga bantuan sosial sesuai dengan kemampuan yang pemerintah miliki.

Baca juga: Indonesia Masuk Jurang Resesi, Ini Respons Toyota, Daihatsu, dan Suzuki

"Pertama tentu memberikan bantuan kepada mereka yang terdampak, baik itu BLT, bansos dan lainnya," kata dia.

Selain itu, Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional itu menegaskan pemerintah perlu juga memikirkan agar para pengangguran dapat memiliki keterampilan lain.

Dengan begitu, kata dia, mereka dapat bekerja di bidang lain ataupun berwirausaha. Hal tersebut disebut Eddy dapat membantu pertumbuhan ekonomi.

"Kedua, penting juga memberikan keterampilan baru atau skill baru kepada mereka yang di-PHK agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan lain. Atau bisa juga diberikan skill wirausaha, kalau mereka menjadi wirausahawan tentu akan membantu perekonomian kita tumbuh lebih cepat lagi," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved