Breaking News:

Pengawasan Dana Desa Perlu Perhatian Serius di Masa Pandemi

BPKP diminta responsif mengawal dana desa apalagi di masa pandemi, ruang-ruang pertanggungjawaban dana desa penting untuk diawasi.

dok. Kemendes
Mendapat gelontoran Dana Desa sebesar Rp. 1,01 Milyar di tahun 2017, Pemerintah Desa Bojongnangka menggunakannya untuk pembangunan drainase MD 30, drainase 40, dan talud mencapai Rp. 453 juta (dari keseluruhan Rp. 1,01 Milyar). Penggunaan Dana Desa juga ditujukan dengan pembangunan jalan dan jembatan mencapai Rp. 103 juta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PKS Junaidi Auly menjelaskan, pengawasan dana desa menjadi penting karena tujuan pengawasan dalam rangka memastikan semua aktivitas yang terlaksana telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Junaidi mengatakan, pentingnya peranan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah.

"BPKP diharapkan responsif dalam mengawal pemerintah desa agar dapat melaksanakan siklus pengelolaan keuangan desa secara akuntabel, apalagi pada masa pandemi ini ruang-ruang pertanggungjawaban dana desa penting untuk diawasi," kata Junaidi kepada wartawan, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Dana Desa Digunakan KKB Papua Untuk Beli Senjata Api, Bupati Intan Jaya Ungkap Modusnya

Baca juga: Kemenkeu Minta Dana Desa Bisa Maksimalkan Kegiatan Ekonomi Lokal

Baca juga: Korupsi Dana Desa, Oknum Kades di Lampung Ini Beri Pengakuan Mengejutkan

Anggota DPR RI asal Lampung ini mengharapkan penyaluran dana desa kepada masyarakat dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) memperhatikan tertib administrasi dan ketepatan sasaran.

"Idealnya penerima BLT Desa adalah keluarga miskin atau tidak mampu yang memang belum mendapatkan program bantuan dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah sebelumnya. Untuk itu peran pengawasan penting namun tidak bisa berjalan parsial, harus bersama-sama dan saling mengisi serta mendukung," pungkasnya. 

Penulis: chaerul umam
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved