Breaking News:

Pilpres Amerika Serikat

Politikus Gelora Sebut Apapun Hasil Pilpres AS, Tak Berdampak Signifikan ke Indonesia

apapun hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) secara politik dan ekonomi, tidak berdampak secara signifikan terhadap Indonesia

Kolase Tribunnews (Instagram @realdonaldtrump dan @joebiden)
(Kiri) Donald Trump dari Partai Republik dan (Kanan) Joe Biden dari Partai Demokrat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Hubungan Internasional DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Henwira Halim menyebut apapun hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) secara politik dan ekonomi, tidak berdampak secara signifikan terhadap Indonesia.

"Dampak dan skenario terhadap politik dan ekonomi Indonesia secara langsung tampaknya tidak akan banyak perbedaan soal politik dan ekonomi AS dan RI dibanding saat ini," kata Henwira dalam keteranganya, Kamis, Jakarta (5/11/2020).

Baca juga: Raih 70 Juta Suara, Joe Biden Pecahkan Rekor Obama

Baca juga: Pertempuran Trump vs Biden, Kapan Berakhir dan Negara Bagian Mana yang Belum Selesai Hitung Suara

Menurutnya, faktor yang berpengaruh yaitu mengenai hubungan perang dagang antara AS-China, yang kemungkinan besar akan diakhiri apabila Joe Biden yang terpilih.

Namun, apabila Donald Trump yang terpilih, maka perang dagang AS-China akan berlanjut, bisa jadi akan semakin tajam.

Sementara dari sisi pertahanannya, kata Henwira, kebijakan Trump yang didukung Partai Republik maupun Biden yang didukung Partai Demokrat soal China tidak akan berubah soal kebijakan pertahanan dan kekuatan milternya.

"Sedangkan dari sisi pertahanan, baik Biden maupun Trump tidak akan banyak mengubah kebijakan dan langkah-langkah yg telah diambil saat ini demi mengimbangi meningkatnya kekuatan militer RRC," tuturnya.

Hingga saat ini, Biden masih memimpin perolehan elektoral dengan setidaknya 253 suara, sedangkan Donald Trump mengantongi 213.

Untuk menang dalam pemilu ini, capres harus mengantongi setidaknya 270 suara elektoral.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved