Breaking News:

Hari Pahlawan

Mensos: Tantangan Hari Pahlawan, Antisipasi Krisis Pemahaman Sejarah dari Generasi Milenial

Kemajuan teknologi komunikasi membuat generasi muda dengan mudah terpapar informasi, tidak hanya konten positif namun juga negatif.

Humas Kemensos
Menteri Sosial Juliari P Batubara memberikan sambutan sekaligus arahan saat acara temu penyelenggara Undian Gratis Berhadiah (UGB) dan Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) di Merlynn Park Hotel Jakarta, Jumat (6/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan bahwa tantangan terbesar dalam peringatan Hari Pahlawan adalah terkikisnya pemahaman generasi masa kini terhadap sejarah perjuangan bangsa.

Hal tersebut sangat mengkhawatirkan karena berpotensi membentuk sikap tidak peduli generasi muda terhadap sejarah dan nilai-nilai kepahlawanan.

Apalagi saat ini, kemajuan teknologi komunikasi membuat generasi muda dengan mudah terpapar informasi, tidak hanya konten positif namun juga negatif.

Konten negatif berpotensi memuat nilai yang bertentangan dengan nilai luhur bangsa.

Apalagi dengan rentang waktu yang panjang antara di masa lalu dengan masa kini. Ini semua membuat cara pandang generasi masa kini bisa bergeser terhadap nilai-nilai kepahlawanan.

Baca juga: Sejarah Hari Pahlawan 10 November, Beserta Link Download Logo Hari Pahlawan 2020

"Maka dibutuhkan suatu referensi yang utuh dan komprehensif tentang sejarah kita di masa lalu. Mungkin perlu disusun suatu buku yang memuat sejarah bangsa secara lengkap. Dengan referensi yang utuh, bisa menjadi pegangan untuk berbagai generasi," kata Mensos Juliari dalam Webinar Kepahlawanan yang digelar Kemensos di Jakarta, Senin (9/11/2020) malam.

Tantangan lain adalah pada kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kontinental.

Hal ini membuat pemahaman satu kelompok masyarakat di satu pulau kurang lengkap terhadap sejarah kepahlawanan di kawasan lain.

Pandangan Mensos disetujui sejarawan muda Asep Kambali yang juga menjadi narasumber.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved