Breaking News:

Virus Corona

Surya Paloh Kritik Cara Penanganan Covid-19: Gagap dan Trial and Error

Kita harus berani mengakui, bahwa kita gagap dan mengalami trial dan error dalam upaya menghadapinya," kata Surya Paloh.

Chaerul Umam/Tribunnews.com
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengkritik cara penanganan pandemi Covid-19 yang menurutnya kurang tepat, sejak pandemi mematikan ini melanda Indonesia sejak sekitar Maret 2020 lalu.

"Salah satu tantangan terberat dalam menghadapi situasi ini adalah, sebagai bangsa kita belum pernah menghadapi situasi macam ini. Kita harus berani mengakui, bahwa kita gagap dan mengalami trial dan error dalam upaya menghadapinya," kata Surya Paloh secara virtual saat HUT ke-9 Partai NasDem di gedung Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Pancoran, Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Menurutnya, gagapnya penanganan Covid-19 bukan saja dialami oleh pemerintah saja, tetapi juga dialami masyarakat agar tidak terpapar dari Covid-19.

Baca juga: Kemenag Bakal Evaluasi Pelaksanaan Umrah Setelah 13 Jemaah Indonesia Positif Covid-19

Namun, Paloh menyampaikan rasa hormatnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena telah mendayagunakan seluruh ototitas yang dimilikinya dalam penanganan wabah Covid-19.

"Dengan seluruh kekuatannya yang ada, berupaya agar pandemi Covid-19 ini semakin hari, semakin lebih mengecil di negeri ini," papar Paloh.

Paloh pun mengajak seluruh pihak untuk memberikan dukungan setiap kebijakan pemerintah dalam menangani virus tersebut, melalui disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Ujian terberat dari wabah ini sesungguhnya adalah seberapa mampu kita bertahan atas kedisiplinan kita untuk patuh atas protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan sosial kita, serta mencuci tangan kita sesering mungkin," tuturnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved