Breaking News:

Kerumunan Massa di Acara Rizieq Shihab

Acara Rizieq Jadi Klaster Baru, Politikus PDIP: Pelajaran Mahal, Jangan Abaikan Protokol Kesehatan

Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo prihatin munculnya kasus positif Covid-19 dari peserta acara Rizieq di tiga tempat, ini jadi pelajaran mahal.

Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Warga di dua desa Kecamatan Megamendung menjalani rapid dan swab test pada Kamis (19/11/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengaku prihatin munculnya kasus positif Covid-19 dari peserta acara Habib Rizieq Shihab di tiga tempat. 

"Ini menjadi pelajaran mahal kepada siapapun yang meremehkan dan abai terhadap protokol kesehatan, dengan tetap mengadakan kegiatan yang berkerumunan massa, kita lihat yang di test cuman berapa tapi yang positip sangat signifikat," kata Rahmad kepada wartawan, Jakarta, Sabtu (21/11/2020).

Rahmad mengapresiasi Satgas Covid-19 Pusat segera sigap mengkoordinasikan dengan Satgas di daerah, untuk melakukan inisiatif tracing terhadap para peserta di acara itu. 

"Kalau tidak segera ditracing bisa jadi ledakan dasyat saudara kita yang kena Covid di Jabodetabek," ucap politikus PDIP itu. 

Baca juga: Per 21 November: Pasien Sembuh Covid-19 3.403, Total 413.955 Orang

Baca juga: Ciptakan Pilkada Aman, Satgas Covid-19 Gandeng Emak-Emak Kampanyekan Protokol Kesehatan 

Melihat kondisi tersebut, Rahmad mengimbau kepada siapa saja yang ikut acara Rizieq Shibab dan terdapat gejala mirip Covid-19, segera ke fasilitas kesehatan terdekat. 

"Yang jadi masalah bila banyak yang OTG (orang tanpa gejala), sehingga sulit terdeteksi dan menulari keluarganya dan lingkunganya," paparnya. 

"Untuk itu kepada siapapun yang habis acara apapun, yang ada kerumunan seperti kemarin untuk lebih waspada dan hati-hati dikeluarganya. Jangan sampai menjadi klaster acara kerumunan dan berujung jadi klaster keluarga, maupun lingkungann sekitar," sambung Rahmad. 

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan data soal pemeriksaan terhadap klaster kerumunan Habib Rizieq Shihab di beberapa titik acara.

Doni menyebut, data yang diterima oleh Satgas Covid-19 pada Kamis, 19 November, untuk wilayah Petamburan Jakarta Pusat telah dilakukan swab terhadap 15 orang.

"Ada 7 orang positif Covid-19, termasuk Lurah Petamburan," kata Doni kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Tujuh Ribu Tenaga Kesehatan Dilatih Sebagai Vaksinator Covid-19

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved