Breaking News:

Bertemu Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan, Puan Dorong Penguatan Kerja Sama Penanganan Covid-19

Puan Maharani menerima kunjungan Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan Kim Sanghee, di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta

istimewa
Ketua DPR RI Puan Maharani menerima kedatangan Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan Kim Sanghee, di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (25/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menerima kunjungan Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan Kim Sanghee, di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Dalam pertemuan itu, Puan Maharani menyampaikan harapannya tentang peningkatan kerja sama kedua negara termasuk kerjasama antar parlemen.

Penguatan kerja sama yang dimaksud Puan bukan hanya dalam penanganan Covid-19, tetapi juga di bidang ekonomi dan perlindungan pekerja migran Indonesia di Korea Selatan.

Baca juga: Pimpinan Komisi X DPR Harapkan Seleksi Guru PPPK Juga Meliputi Aspek Lama Pengabdian 

“Saya berharap kunjungan ini dapat lebih mempererat hubungan kedua negara, sehingga lebih bermanfaat kongkrit bagi rakyat kedua negara,” kata Puan, dalam keterangannya, Rabu (25/11/2020).

Selain itu, kata Puan, Parlemen Indonesia dan Republik Korea dapat bekerjasama lebih erat dalam mendorong pemberdayaan perempuan dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: Politikus PKS Sebut Komisi IV DPR Telah Ingatkan Edhy Prabowo Tak Serampangan

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan DPR RI telah membentuk grup persahabatan bilateral dengan 102 parlemen dari berbagai negara, termasuk Korea Selatan.

“Saya berharap kerja sama erat parlemen kedua negara dapat membantu pencapaian berbagai tujuan pembangunan melalui pertukaran informasi, terkait peran dan fungsi Parlemen di kedua negara,” kata dia.

Kepada Kim Sanghee, Puan mengungkapkan kedua negara sudah bekerjasama dalam penanggulangan Covid-19.

Baca juga: Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Komisi IV DPR Minta Kementerian KKP Hentikan Ekspor Benih Lobster

“Apresiasi atas dukungan pemerintah dan berbagai pihak di Republik Korea terhadap Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19,” ungkap Puan.

Menurutnya, kerjasama penanganan Covid-19 antara Indonesia dengan Korea Selatan dapat dilakukan dengan riset dan pengembangan vaksin secara bersama.

“Saya mengajak berbagai pihak di Korea untuk bekerjasama dengan mitranya di Indonesia, di bidang inovasi alat kesehatan,” ujarnya.

Terkait kerjasama ekonomi, Puan menyampaikan bahwa Indonesia selalu melakukan perbaikan iklim investasinya. Karenanya, Puan mengharapkan Parlemen Korea membantu mendorong perusahaan-perusahaan Korea agar berinvestasi di Indonesia.

Pada pertemuan tersebut dibahas pula aspek perlindungan bagi lebih 33.000 pekerja migran Indonesia di Republik Korea.

“Saya mengharapkan dukungan Parlemen Korea untuk terus meningkatkan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia di Korea," ujarnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved