Breaking News:

Virus Corona

Wapres Ma'ruf Nilai Forum Zakat Dunia Bisa Berperan Pulihkan Ekonomi Global Setelah Pandemi

Wapres Ma'ruf Amin nilai Forum Zakat Dunia punya peran strategis memperkuat ekonomi Islam, membantu pemulihan ekonomi global setelah pandemi.

Penulis: Reza Deni
Dokumentasi Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin pada Penutupan Webinar Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) melalui video conference di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Rabu (26/08/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai Forum Zakat Dunia memiliki peran strategis dalam memperkuat ekonomi Islam dan membantu pemulihan ekonomi global setelah pandemi, satu di antaranya melalui pemanfaatan pembiayaan alternatif .

“Dengan demikian, ekonomi Islam dapat menjadi lokomotif dalam membantu pemulihan ekonomi global,” kata Wakil Ma’ruf  dalam keterangan tertulis Setwapres, Selasa (1/12/2020).

Menurut laporan dari State of the Global Islamic Economy Report 2020/2021, pertumbuhan ekonomi dunia pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tahun 2020 diperkirakan mengalami kontraksi 5.2 persen, sedangkan ekonomi Islam global hanya mengalami kontraksi 2.5 persen.

Baca juga: Jadi Trending di Twitter, Warganet Riuh Bahas Respon Anies Saat Dirinya Positif Covid-19

Ma'ruf juga menyampaikan, sebagai sebuah forum yang mewadahi lebih dari 33 lembaga-lembaga zakat yang ada di seluruh dunia, Forum Zakat Dunia dituntut untuk melakukan peningkatan pelayanannya.

Satu di antaranya dengan memanfaatkan platform digital dalam pengelolaan dan pendistribusian zakat agar aksesnya mudah dan dampaknya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di manapun mereka berada.

Baca juga: SBY Cerita Pengalaman Gagal Jadi Wapres pada 2001 Mendampingi Megawati

Baca juga: Wapres: Sektor Keuangan Tidak Dapat Jadi Akselerator Pemulihan Ekonomi

“Tata kelola yang baik akan semakin meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga pengelola zakat yang pada gilirannya akan semakin mendorong masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak dan shadaqah-nya melalui lembaga pengelola zakat,” lanjutnya.

Ma'ruf pun mendukung peran forum ini dalam mendorong pertukaran pengalaman dan pengetahuan antarnegara tentang pengelolaan zakat.

“Praktik-praktik yang baik dalam pengelolaan zakat saya harapkan dapat disebarluaskan sebagai sarana belajar bagi kita semua untuk terus memperbaiki upaya pengelolaan zakat,” pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved