Breaking News:

Pentingnya Solidaritas untuk Pembelajaran di Masa Pandemi

Fortadik melakukan program donasi #MerdekaBerbagi untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki gawai untuk pembelajaran.

TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sejumlah siswa SD mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui saluran televisi satelit Bandung 123 di ruangan Kantor RW 05, Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Selasa (13/10/2010). Kanal TV Satelit Bandung 132 ini diluncurkan Pemerintah Kota Bandung dengan menayangkan program Padaringan (Pembelajaran Dalam Jaringan) berisi ratusan konten video mata pelajaran dari tingkat SD hingga SMP sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh bagi siswa di masa pandemi Covid-19. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Forum Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan (Fortadik) Syarif Oebaydillah mengatakan solidaritas terhadap sesama sangat dibutuhkan di masa pandemi Covid-19.

Solidaritas tersebut, menurut Oebay, dapat diwujudkan dengan memberikan bantuan terhadap masyarakat yang kesulitan menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ), akibat ketiadaan sarana gawai.

"Solidaritas terhadap saudara-saudara kita yang kekurangan fasilitas untuk PJJ sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19 ini," ujar Oebay di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Nadiem Ungkap Selama PJJ Banyak Kekerasan Terhadap Anak Tidak Terdeteksi Guru

Baca juga: Kemendikbud: Terlalu Lama PJJ Berdampak Negatif Pada Anak Didik

Fortadik melakukan program donasi #MerdekaBerbagi untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki gawai untuk pembelajaran.

Donasi ponsel, tablet, dan laptop disalurkan kepada para siswa di kawasan Jabodetabek, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dalam Gerakan #MerdekaBerbagi ini para rekan pewarta berhasil mengumpulkan 14 unit ponsel, lima tablet, dan satu laptop.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur, yang telah membantu menyukseskan kegiatan #MerdekaBerbagi. Semoga sedikit bantuan ini bisa bermanfaat bagi para siswa untuk menjalankan PJJ selama pandemi Covid-19," kata Oebay.

Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kemdikbud Evy Mulyani mendukung langkah Fortadik. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas dalam membantu peserta didik yang kesulitan

"Fortadik dalam masa pandemi ini hadir berkontribusi bagi dunia pendidikan, salah satunya dengan donasi gawai bagi pelajar yang menghadapi tantangan sarana PJJ," kata Evy.

Seperti diketahui, seluruh bantuan berasal dari donasi yang dikumpulkan dari lingkungan pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta sumbangan dari pihak swasta.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved