Breaking News:

Perlindungan Kesehatan Masyarakat

Setyoko Beri Motivasi Agar Masyarakat Rutin Bayar Iuran JKN-KIS

Setyoko (33) merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan - Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah merasakan la

zoom-inlihat foto Setyoko Beri Motivasi Agar Masyarakat Rutin Bayar Iuran JKN-KIS
istimewa
Setyoko (33) merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan

TRIBUNNEWS.COM -- Setyoko (33) merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan - Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah merasakan langsung manfaat dari Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Bagi Setyoko, yang juga merupakan seorang kepala rumah tangga, memiliki jaminan kesehatan merupakan satu hal yang wajib guna melindungi anggota keluarganya ketika terkena suatu sakit penyakit.

“Jaminan kesehatan itu sifatnya wajib bagi saya, kita tidak bisa tahu kapan suatu sakit penyakit menimpa kita atau keluarga. Oleh karenanya kita harus berjaga-jaga selalu, dengan memiliki jaminan kesehatan tadi. Program JKN-KIS menurut saya sudah sangat cukup untuk memberikan jaminan kesehatan yang mudah dan pasti bagi keluarga kita,” tutur Setyoko, Senin (28/12).

Baca juga: Pengobatan Asma Hingga Sembuh, Apep Bersyukur Jadi Peserta JKN-KIS

Diakui pria yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan pabrik ini, dirinya telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS untuk pengobatan giginya yang kerap mengalami sakit. Selain Setyoko, anggota keluarganya yang lain, yakni anak pertamanya, juga pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk pengobatan sakit tipes.

“Anak saya waktu itu pernah dirawat sampai 10 hari karena sakit tipes. Awalnya badannya lemas, tidak nafsu makan, keringat dingin, demam tinggi, akhirnya dibawa ke rumah sakit langsung, karena kondisinya demam tinggi dan lemas sekali. Tim medis akhirnya memutuskan agar anak saya dirawat inap. Saya menggunakan Kartu JKN-KIS saat itu, dan tidak ada biaya tambahan sedikitpun yang saya keluarkan untuk pelayanan tersebut," tambah Setyoko.

Baca juga: Dokter Berharap FKTP Tetap Utamakan Kualitas Pelayanan untuk Peserta JKN

Dirinya bersyukur bahwa biaya yang timbul dari perawatan sang anak sepenuhnya ditanggung oleh Program JKN-KIS. Dirinya tidak pernah terbayang, berapa biaya yang harus dirinya bayarkan kalau tidak punya jaminan kesehatan JKN-KIS.

Lebih lanjut, Setyoko juga mengungkapkan bahwa setiap kali keluarganya menggunakan Kartu JKN-KIS baik pada klinik ataupun rumah sakit, pelayanan yang dia dapatkan sangat baik dan tidak menemui kendala yang berarti. Hal inilah yang kemudian memotivasi Setyoko untuk rutin membayar iurannya.

Dirinya pun berharap seluruh peserta JKN-KIS dapat rutin membayar iuran JKN-KIS dengan tepat waktu, karena menurut pria yang gemar berolahraga juga bermain game ini, dengan rutin membayar iuran JKN-KIS, Program JKN-KIS akan dapat terus berlangsung dan memberikan manfaatnya bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. (BS/vk)

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved