Breaking News:

Tahun Baru 2021

Pimpinan MPR: Jadikan Tahun 2021 Momentum Kebangkitan Kehidupan Berbangsa

Lestari Moerdijat mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan, masa pandemi Covid-19 harus menjadi pengalaman untuk diambil satu pelajaran.

Ist
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat menjadi pembicara kunci pada Focus Group Discussion (FGD) bertema Posisi Museum dalam Merawat Nilai Kebangsaan, yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 dan Yayasan Mitra Museum Jakarta serta Museum Sejarah di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (27/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan, masa pandemi Covid-19 yang hampir setahun terjadi harus menjadi pengalaman untuk diambil satu pelajaran.

Menurutnya, perbaikan tata kelola penanganan pengendalian Covid-19 yang belum menunjukkan arah dan strategi yang jelas dan terintegrasi antar lembaga pemerintah, harus segera dilakukan.

"Jadikan momen pergantian tahun 2021 ini sebagai batu lompatan untuk bisa bersama bangkit untuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik," ujar Lestari melalui keterangannya, Jumat (1/1/2021).

Rerie, sapaan akrabnya, yakin dengan penguatan pemahaman warga negara terhadap nilai-nilai kebangsaan yang dimiliki antara lain persatuan dan kesatuan, kebhinnekaan, gotong-royong dan toleransi, bisa menjawab tantangan di masa depan.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Varian Baru Covid-19, Visa Bisnis akan Ditolak Masuk Jepang

Di sisi lain, lanjut Rerie, upaya membangkitkan sektor ekonomi juga tidak kalah penting.

Selama 2020, berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi terkikis dari 4,97 persen, pada kuartal IV 2019 menjadi minus 3,49 persen pada kuartal III 2020.

Sejumlah usaha gulung tikar yang mengakibatkan badai PHK.

Bahkan, BPS mencatat 29,12 juta penduduk usia kerja di Indonesia terdampak pandemi sepanjang 2020 dalam bentuk PHK, pengurangan jam kerja dan tidak terserap di dunia kerja.

Baca juga: Muhammadiyah Ajak Masyarakat Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan di Tahun Baru

"Ke depan, upaya membangkitkan ekonomi lewat sejumlah program insentif dan semangat gotong-royong yang dilakukan masyarakat harus dilanjutkan. Libatkan semakin banyak stakeholder pada bidang ekonomi untuk bisa segera keluar dari resesi," ucap Rerie.

Lebih lanjut, kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, juga harus dilakukan untuk mengatasi masalah di sektor pendidikan dan masalah sosial lain.

"Pandemi berpotensi menciptakan masalah sosial lain bila kita tidak bisa mengendalikan penyebarannya. Upaya mengatasi kendala di sejumlah sektor itu tidak bisa lepas dari keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 di Tanah Air," kata anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu.

Penulis: chaerul umam
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved