Breaking News:

Pemindahan Ibu Kota Negara

Politikus Demokrat Minta Pemerintah Segera Serahkan Draf RUU Ibu Kota Negara ke DPR

Anggota Komisi V DPR, Irwan mendorong pemerintah segera memasukan draft rancangan Undang-Undang (RUU) tentang

Tribunnews/HO/BKIP Kemenhub/Christanto Agung
Lubang-lubang bekas tambang batu bara terlihat dari udara saat Menhub Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan lokasi calon Ibu Kota Negara yang baru dari atas Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, sekaligus diskusi di Balikpapan Coal Terminal (BCT), Kalimantan Timur, Kamis (19/9/2019). Tribunnews/HO/BKIP Kemenhub/Christanto Agung 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR, Irwan mendorong pemerintah segera memasukan draft rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Ibu Kota Negara (IKN) ke DPR RI.

Hal itu disampaikan Irwan menanggapi pernyataan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa memproyeksi pembangunan IKN bisa dilakukan setelah vaksinasi Covid-19.

“Saya mendorong presiden segera masukkan draft RUU IKN ke DPR RI untuk dibahas agar pembangunan IKN ada legal standing," kata Irwan, Jakarta, Jumat (1/1/2021).

Baca juga: Kapolda Metro Jaya: Situasi Ibu Kota Aman, Tidak Ada Kejadian Menonjol dan Tidak Ada Kerumunana

Irwan juga meminta pemerintah memulai pembangunan IKN pada awal 2021, agar penyelesaian mega proyek tersebut dapat selesai tepat waktu pada 2024.

"Pembangunan IKN dapat membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dengan menarik investasi dari luar untuk pembangunan IKN," ujar wakil sekertaris jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat itu.

Ia pun menyarankan, pemerintah untuk tidak lupa melibatkan pemerintah daerah Kalimantan Timur (Kaltim), maupun masyarakat lokal dalam pembangunan IKN.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya: Situasi Ibu Kota Aman, Tidak Ada Kejadian Menonjol dan Tidak Ada Kerumunan

"Pembangunan IKN melibatkan pemerintah daerah Kaltim serta sumber daya manusia lokal baik tokoh akademis, tokoh agama, masyarakat adat, pengusaha lokal juga tenaga kerja lokal," paparnya.

Seperti diberitakan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa memproyeksi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) bisa dilakukan setelah vaksinasi Covid-19.

Saat ini, master plan dan detail pembangunan sudah rampung.

“Mudah-mudahan kalau sudah vaksinasi ada, kita bisa langsungkan karena dia bisa menjadi prime mover, dia bisa menciptakan lapangan kerja yang banyak," kata Suharso.

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved