Breaking News:

Virus Corona

TNI Telah Siapkan Sarana dan Prasarana untuk Dukung Vaksinasi Covid-19

Hadi Tjahjanto menegaskan saat ini TNI telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung program Vaksinasi Covid-19 Nasional.

Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan sistem pengelolaan Bahan Bakar Minyak dan Pelumas atau aplikasi e-BBM di lingkungan TNI di Mabes TNI, Cilangkap pada Kamis (17/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan saat ini TNI telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung program Vaksinasi Covid-19 Nasional.

Hadi menyampaikan sarana dan prasarana tersebut antara lain terkait dengan penyimpanan, pengamanan, pendistribusian, dan penyiapan fasilitas kesehatan.

Baca juga: Vaksin Pfizer Dapat Izin Darurat WHO, Dijadwalkan Masuk Indonesia Pertengahan 2021

Hal tersebut disampaikan Hadi menerima kunjungan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin di Subden Denma Mabes TNI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Kamis (31/12/2020).

“Saat ini TNI telah menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mulai dari penyimpanan, pengamanan, pendistribusian ke setiap fasilitas kesehatan, serta kesiapan fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Hadi dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Mutasi 75 Perwira Tinggi, Berikut Daftar Namanya

Hadi juga menegaskan pihaknya juga telah menyiapkan kapasitas sumber daya manusia di antaranya melalui pelaksanan Training Of Trainer pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk mendukung Kementerian Kesehatan.

“TNI ikut berperan aktif dalam membantu Kemenkes RI khususnya menyiapkan kapasitas sumber daya manusia dan TNI telah melaksanakan kegiatan Training of Trainer pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang digelar di Mabes TNI Cilangkap beberapa waktu lalu,” kata Hadi.

Kunjungan Budi tersebut didampingi oleh Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono, Sekjen Oscar Primadi, Dirjen Pelayanan Kesehatan Abdul Kadir, dan Plt Dirjen P2P M Budi Hidayat.

Dalam pertemuan tersebut, Budi menyampaikan terkait rencana pelaksanaan vaksinasi nasional.

Hal tersebut mengingat dalam waktu dekat Kementerian Kesehatan Republik Indoenesia (Kemenkes RI) rencananya segera melaksanakan vaksinasi nasional sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kemenkes RI meminta bantuan kepada TNI yang dinilai memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas kesehatan yang lengkap serta Alutsista dalam mendukung pendistribusian dan pelaksanaan vaksinasi nasional ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya pulau terluar dan wilayah terpencil,” kata Budi.

Menurut Budi rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian serta persiapan matang.

“Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama terkait rencana vaksinasi nasional diantaranya ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distribusi, serta proses vaksinasi,” kata Budi.

Dalam pertemuan tersebut Hadi didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono, Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad dan mantan Kapuskes TNI Mayjen TNI (Purn) Ben Yura Rimba.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved