Breaking News:

Pesan Sekjen Gerindra Buat Kader Seusai Raih Penghargaan dari KIP

Ahmad Muzani pun menjelaskan, pada tahun 2020 ini, ada sumber dana Partai Gerindra pada 2020.

HandOut/Istimewa
Acara Penyerahan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat ke Partai Gerindra bertempat di Lantai 4, Aula Gedung DPP Partai Gerindra, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (7/1/2021). 

Glery Lazuardi/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretasi Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, memberikan apresiasi ke seluruh anggota DPR RI, DPRD Kabupaten/Kota dan seluruh anggota Partai Gerindra atas penghargaan yang diterima partainya dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Disebutkan, Partai Gerindra mendapatkan penghargaan sebagai badan publik “Paling Informatif” pada kategori partai politik oleh Komisi Informasi Pusat pada 25 November 2020 silam.

Penghargaan itu diserahkan pada Kamis (7/1/2021) di Lantai 4, Aula Gedung DPP Partai Gerindra, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Baca juga: Survei SMRC Sebut Prabowo Sulit Menang Jika Kembali Ikut Pilpres, Gerindra: Pilpres 2024 Masih Gaib

Ahmad Muzani pun menjelaskan, pada tahun 2020 ini, Partai Gerindra mengelola sumber dana yang terbagi menjadi 3 bagian, 76% merupakan sumber dana internal, 14% sumber dana APBN dan sisanya merupakan sumber dana dari masyarakat lain. Untuk itu, Partai Gerindra terus berusaha untuk meningkatkan transparansi anggaran dan mengelola amanah yang diberikan dengan baik dan akuntabel.

"Penghargaan yang hari ini diberikan oleh KIP merupakan bentuk konsistensi dan bentuk nyata bahwa iuran yang diberikan dapat kami kelola dengan kompeten. Maka dari itu Partai Gerindra terus meminta dukungan kepada khalayak, agar kami tidak jumawa dan ke depannya dapat menyempurnakan kekurangan-kekurangan selama ini," katanya dalam keterangan yang diterima, Kamis.

Baca juga: Politisi Gerindra Fadli Zon Komentari Gaya Pejabat yang Lakukan Blusukan

Ahmad Muzani pun juga memberikan penghargaan dan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada PAC, ranting, DPC, DPD dan segenap pengurus DPP Partai Gerindra, anggota DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi dan DPR RI Fraksi Partai Gerindra seluruh Indonesia yang terus memberi dukungan.

Dia berpesan agar segenap kader Partai Gerindra dapat terus mempertahankan keunggulan tersebut,

"Partai Gerindra akan terus berkomitmen mengembangkan layanan informasi bersamaan dengan perkembangan teknologi, transparan dalam menyajikan data, mutakhir dalam menyediakan informasi dan siap melayani masyarakat dalam memenuhi permohonan informasi yang dibutuhkan dengan profesional," kata dia.

"Ini merupakan penghargaan yang ke-5 diterima oleh Partai Gerindra sebagai partai politik terinformatif dan transparan. Inovasi dan usaha terus kami kembangkan, hal ini menjadi komitmen bagi kami untuk membangun akuntabilitas, transparansi dan keterbukaan informasi kepada masyarakat," kata dia.

Dalam perihal memberikan keterbukaan informasi, kata dia, PPID DPP Partai Gerindra selalu memberikan inovasi yang terangkum dalam layanan POSS Gerindra (PPID One Stop Service), yang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses dan melakukan permohonan informasi, mengetahui seputar layanan dan prosedur mendapatkan informasi dan data yang dibutuhkan.

"POSS Gerindra menyediakan layanan berupa E-PPID, Online Chat WhatsApp dan Hotline, dengan begitu masyarakat selaku pemohon dapat memantau dan meminta permohonan informasi tanpa harus keluar rumah, yang juga sebagai bentuk adaptasi terhadap kenormalan baru di masa pandemi Covid-19. Meski begitu, layanan helpdesk PPID DPP Partai Gerindra, tetap beroperasi dengan mengedepankan protokol Kesehatan yang ketat," kata dia.

Penghargaan diberikan langsung Cecep Suryadi selaku Komisioner Bidang Kelembagaan KIP dan M. Syahyan selaku Komisioner Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik KIP kepada perwakilan DPP Partai Gerindra.

Adapun Cecep Suryadi menjelaskan pada tahun 2020, Komisi Informasi Pusat tetap menyelenggarakan monitoring dan evaluasi (monev) pada 348 badan publik se-Indonesia yang terbagi dalam 7 kategori. Sementara pada kategori partai politik, hanya 3 parpol yang masuk dalam kategori informatif.

"Untuk itu, KIP mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Partai Gerindra dan berharap ke depan, Partai Gerindra dapat menjadi role model, yang bisa dijadikan contoh bagi badan publik lainnya. KIP juga berharap agar prestasi ini dapat terus dijaga, bahkan menumbuhkan performance keterbukaan informasi publik khususnya di era digital dan era pandemi Covid-19," kata dia.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved