Breaking News:

Kecewa, Kepala BP2MI Benny Rhamdani Nyatakan Siap Mundur dari Jabatan, Ini Sebabnya

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani menyatakan siap untuk mengambil sikap mundur dari jabatan sebagai Kepala BP2

BP2MI
Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam konferensi pers penggagalan tujuh calon PMI yang diduga akan diberangkatkan secara non-prosedural sebagai penata laksana rumah tangga (PLRT) ke negara Timur Tengah pada Kamis (24/9/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani menyatakan siap untuk mengambil sikap mundur dari jabatan sebagai Kepala BP2MI.

Hal ini akan ia lakukan jika pada 15 Juli 2021 Peraturan BP2MI  No. 09 Tahun 2020 tentang Pembebasan Biaya Penempatan PMI yang sejatinya berlaku hari ini, Jumat (15/1/2021) kembali belum bisa diimplementasikan.

“Saya telah siap untuk mengambil sikap mundur dari jabatan sebagai Kepala BP2MI,” kata Benny pada konferensi pers virtual, Jumat (15/1/2021).

Sebelumnya Benny mengungkapkan kekecewaan karena dari 34 Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Indonesia baru satu provinsi yang telah mempersiapkan anggaran dan menjalankan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kerja bagi PMI.

Ialah Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang sudah mengalokasikan anggaran pelatihan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) melalui APBD Provinsi Jawa Timur sebesar Rp. 7,9 Miliar Per Tahun.

Padahal pihaknya telah menetapkan program dan membuat peraturan soal Pembebasan Biaya Penempatan PMI sejak 25 Agustus 2020 yang sejatinya akan berlaku pada Jumat ini.

Bahkan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan sejumlah Kementerian hingga menyebarkan informasi ke Perwakilan RI yang ada di luar negeri.

Pihaknya juga telah menyusun petunjuk pelaksanaan dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait hingga mengadakan pertemuan bilateral secara virtual dengan negara penempatan.

“Ini sangat menyakitkan bagi kami dan sangat menyakitkan bagi pekerja migran Indonesia,” kata Benny.

Baca juga: Pembebasan Biaya Penempatan TKI Diundur Hingga Juli, Kepala BP2MI Ungkap Penyebabnya

Dalam masa transisi BP2MI akan melaksanakan langkah-langkah sistematis untuk memastikan berlakunya Perubahan Perban No. 9 Tahun 2020 di bulan Juli mendatang.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved