Breaking News:

Penanganan Covid

Pemerintah Siapkan 31 Ribu Vaksinator untuk Vaksinasi 181,5 Juta Penduduk Indonesia

untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, pemerintah menargetkan vaksinasi kepada 181,5 juta penduduk Indonesia.

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI NAKES - Vaksinator melakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan RS Husada Utama, Jumat (15/1). Sebanyak 60 tenaga kesehatan di RS Husada Utama di vaksinasi Covid-19 pada hari pertama. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan 31 ribu vaksinator dalam program vaksinasi Covid-19.

Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, pemerintah menargetkan vaksinasi kepada 181,5 juta penduduk Indonesia.

"Saat ini telah disiapkan 31 ribu vaksinator untuk membantu pelaksanaan vaksinasi di seluruh Indonesia," ucap Dante yang dikutip dari website kementerian kesehatan, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Takut Jarum Suntik, Padahal Pengin Ikut Vaksinasi Covid-19, Ketahui Cara Mengatasinya

Setelah dilakukan vaksinasi kepada 1,4 juta tenaga kesehatan dan tenaga penunjang kesehatan, vaksinasi akan dilanjutkan untuk 17,4 juta petugas pelayanan publik esensial.

Untuk memenuhi kebutuhan vaksin, saat ini pemerintah tengah menyiapkan tambahan 12 juta vaksin sinovac yang saat ini sedang diproduksi PT Bio Farma.

Baca juga: KSAL Prioritaskan Vaksinasi Covid-19 untuk Prajurit di Garda Terdepan dari Wisma Atlet Hingga KRI

Dipastikan vaksin yang akan disuntikkan telah melalui serangkaian pengujian ketat sehingga terjamin keamanan, mutu, khasiat yang dibuktikan dengan EUA dari BPOM serta fatwa halal dari MUI.

Dirinya berharap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 harus beriringan dengan penerapan protokol kesehatan 3M guna memberikan perlindungan optimal. Sehingga kekebalan imunitas bisa segera tercapai.

''Mudah-mudahan dengan dilaksanakan kegiatan vaksinasi ini, kita bisa mencapai herd immunity setelah 70 persen dari penduduk divaksinasi, yang targetnya oleh Presiden selesai dalam waktu 12 bulan,'' tutur dr. Dante.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved