Breaking News:

Ibadah Haji 2021

Indonesia Tetap Persiapkan Ibadah Haji 2021 Meski Arab Saudi Belum Beri Kepastian

Meskipun Arab Saudi belum memberikan kepastian apakah membuka ibadah haji tahun ini atau tidak di tengah pandemi Covid-19.

Instagram/marco_umrah
Wukuf di Arafah yang merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji. Tahun ini, ibadah haji ditiadakan menyusul pandemi virus corona. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa Kementerian Agama tetap melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M.

Meskipun Arab Saudi belum memberikan kepastian apakah membuka ibadah haji tahun ini atau tidak di tengah pandemi Covid-19.

Berdasarkan kalender hijriyah dan asumsi normal, lanjut Menag, pemberangkatan jemaah haji tahun 1442H/2021M (kloter pertama) diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 4 Dzulqa’dah  atau 15 Juni 2021.

“Waktu yang tersisa untuk persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442H/2021M hanya berkisar 5 (lima) bulan. Mengingat ruang lingkup pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yang begitu luas, maka waktu yang tersisa sangat terbatas, sehingga berbagai persiapan harus segera dilakukan,” ujar Menag, Selasa (19/1/2020).

Baca juga: Menag Jelaskan Skenario Rencana Pemberangkatan Jemaah Haji 2021

Mengingat sampai dengan saat ini wabah Covid-19 belum berakhir, Kemenag telah membentuk Tim Manajemen Krisis Haji dalam rangka mempersiapkan rencana mitigasi penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442H/2021M.

“Tim ini telah saya launching tadi pagi, dan langsung bekerja hari ini juga,” ujar Yaqut.

Sementara ini, lanjut Menag, pemerintah tengah menyiapkan tiga opsi penyelenggaraan ibadah haji, yakni kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak memberangkatkan jemaah haji.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved