Breaking News:

Surati Menteri Johnny G Plate, Ketua JPKL Tegaskan Bahaya BPA Bukan Hoax

Saat ini JPKL sedang menyoroti isu kemasan plastik mengandung BPA yang berbahaya bagi kesehatan bayi, balita dan janin pada ibu hamil.

Istimewa
Kemasan plastik 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah mengirim surat kepada Badan POM, Ketua Umum Perkumpulan Jurnalis Peduli Kesehatan dan Lingkungan (JPKL), Roso Daras berkirim surat kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.

Menurut Roso, mengirim surat kepada Menkominfo mempunyai urgensi yang tinggi.
Pertama, melalui surat tersebut, Roso ingin memperkenalkan organisasi JPKL.

"Di dalam surat itu, kami memperkenalkan diri bahwa Perkumpulan Jurnalis Peduli Kesehatan dan Lingkungan yang berdiri pada 10 November 2019, mempunyai visi bahwa kesehatan dan lingkungan yang baik, menjamin kesejahteraan bangsa.

Adapun misi kami, menegakkan tugas jurnalistik sebagai penegak pilar demokrasi melalui fungsi pengawasan. Melaksanakan fungsi edukasi masyarakat terhadap isu-isu kesehatan dan lingkungan.

Baca juga: BPOM Pastikan Kandungan BPA pada Galon Guna Ulang Aman

Mewujudkan tata kelola organisasi profesi yang profesional dan akuntabel. Mendorong lahirnya kebijakan publik yang pro terhadap kesehatan dan lingkungan," kata Roso Daras dalam keterangan persnya, Senin (25/1/2021).

Roso juga memaparkan program yang sedang menjadi perhatian khusus JPKL.

"Saat ini JPKL sedang menyoroti isu kemasan plastik mengandung BPA yang berbahaya bagi kesehatan bayi, balita dan janin pada ibu hamil."

"Seperti yang kita ketahui bersama, isu mengenai bahaya BPA bagi usia rentan tersebut sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010," ungkap Roso.

Masih menurutnya, dunia kesehatan telah menghimbau agar kemasan yang mengandung BPA yang bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi oleh bayi, balita dan janin yang dikandung oleh ibu hamil sebaiknya dihindari, karena dapat mengganggu kesehatan seperti pertumbuhan hormonal sampai kanker di kemudian hari.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved