Breaking News:

Kapolri Baru

Menag Yakin Kapolri Jenderal Listyo Sigit Jamin Toleransi dan Ibadah Umat

(Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan apresiasi dilantiknya Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang telah purna

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Yaqut Cholil Qoumas - Menteri Agama 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri setelah dilantik Presiden Jokowi pada Rabu (27/1/2021).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan apresiasi dilantiknya Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang telah purna masa tugasnya.

Menag Yaqut mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) siap meningkatkan kerja sama dengan kepolisian, terutama memberikan perlindungan keamanan agar umat bisa menjalankan kegiatan dengan tenang dan khusyuk.

“Kami menyampaikan selamat kepada Pak Jenderal Listyo Sigit Prabowo, semoga amanah yang diemban bisa terlaksana dengan baik hingga akhir,” ujar Menag di Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Menurut Gus Yaqut, panggilan akrabnya, komitmen Jenderal Listyo Sigit diharapkan membawa perubahan lembaga kepolisian seperti dengan kerja-kerja yang presisi, transparan dan berkeadilan memberikan harapan baru bagi masyarakat.

Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Selain dilantik sebagai Kapolri, Listyo Sigit Prabowo juga dinaikkan pangkatnya dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi. TRIBUNNEWS.COM/SETPRES/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Selain dilantik sebagai Kapolri, Listyo Sigit Prabowo juga dinaikkan pangkatnya dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi. TRIBUNNEWS.COM/SETPRES/AGUS SUPARTO (TRIBUN/SETPRES/AGUS SUPARTO)

 Menag yakin, semangat ini bisa diwujudkan segera dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada di  kepolisian.

Baca juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Rumuskan Program 100 Hari Pertama Sebagai Kapolri

Serta memberikan dampak yang positif terhadap umat beragama di Indonesia.

“Kita tidak memungkiri ada satu dua kasus yang berupaya mencederai kerukunan umat. Untuk itu, kami  berharap Pak Listyo Sigit bisa bersama-sama dengan kita semua mewujudkan toleransi beragama agar terus kokoh,” ujar Menag.

Ia mengungkapkan, di antara persoalan agama yang muncul beberapa waktu terakhir adalah perusakan tempat ibadah, penyerangan tokoh agama, penistaan agama dan pelarangan umat dalam beribadah.

Potensi terulangnya kasus serupa di masa mendatang masih terbuka terjadi jika tak ada langkah antisipasi yang baik.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved