Breaking News:

Bareskrim Pelajari Laporan Dugaan Ujaran Kebencian Rasis di Medsos oleh Abu Janda, Apa Respon MUI?

Bareskrim Polri telah menerima laporan polisi terkait dugaan ujaran rasial yang dilakukan oleh Permadi Arya alias Abu Janda kepada Natalius Pigai.

Tribunnews.com/Lusius Genik Lendong
Permadi Arya alias Abu Janda di patung kuda Arjuna Wiwaha Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim 
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bareskrim Polri telah menerima laporan polisi terkait dugaan ujaran rasial yang dilakukan oleh Permadi Arya alias Abu Janda kepada mantan anggota Komnas HAM asal Papua, Natalius Pigai.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyatakan pihak kepolisian akan segera untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

"Yang jelas seluruh laporan masyarakat pasti diterima, pasti dilayani Polri untuk ditindaklanjuti. Nanti perkembanga nya pasti kita informasikan kembali," kata Rusdi dalam keterangannya, Jumat (29/1/2021).

Rusdi menjelaskan pihaknya masih tengah mempelajari terlebih dahulu terkait laporan tersebut. Selanjutnya, penyidik baru memutuskan langkah selanjutnya.

Termasuk, kata dia, pemanggilan para saksi terlapor dan pelapor dalam kasus ujaran rasial tersebut.

Baca juga: Kapolri Jenderal LIstyo Ditantang Tangkap Abu Janda, MUI: Masyarakat di Mana-mana Sudah Berteriak

"Kita pelajari dulu, saat ini penyidik masih mempelajari laporan polisi yang kemarin dibuat oleh pelapor, sementara. Nanti perkembangannya pasti akan disampaikan," tukasnya.

Baca juga: Soal Twit Abu Janda Diduga Rasis, Ahmad Sahroni: Polisi Harus Tangkap

Diberitakan sebelumnya, Permadi Arya alias Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan ujaran rasial melalui akun sosial media twitternya kepada aktivis Papua Natalius Pigai pada hari ini, Kamis (28/1/2021).

Laporan itu didaftarkan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dengan nomor LP/B/0052/I/2021/Bareskrim tertanggal Kamis 28 Januari 2021. Adapun akun yang dilaporkan adalah akun Twitter @permadiaktivis1.

Ketua bidang Hukum KNPI, Medya Riszha Lubis menyampaikan konten ujaran rasial tersebut diunggah Permadi pada 2 Januari 2021 lalu. Unggahan itu dinilai sebagai unsur rasial kepada masyarakat Indonesia keturunan Papua.

Laporan itu didaftarkan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dengan nomor LP/B/0052/I/2021/Bareskrim tertanggal Kamis 28 Januari 2021. Adapun akun yang dilaporkan adalah akun Twitter @permadiaktivis1.
Laporan pengaduan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke Bareskrim atas dugaan ujaran kebencian bernuansa rasis oleh pemilik akun media sosial Permadi Arya alias Abu Janda dengan nomor LP/B/0052/I/2021/Bareskrim tertanggal Kamis 28 Januari 2021. Adapun akun yang dilaporkan adalah akun Twitter @permadiaktivis1. (Tribunnews.com, Igman Ibrahim)

"Telah diterima laporan kami secara kooperatif dari pihak polisi bahwa kami telah melaporkan akun Twitter @permadiaktivis1 yang diduga dimiliki saudara Permadi alias Abu Janda. Yang kami laporkan adalah dugaan adanya ujaran kebenceian dengan memakai sara dalam tweet nya tanggal 2 Januari tahun 2021 yang menyebut kau @nataliuspigai2 apa kapasitas kau, sudah selesai evolusi kau," kata Medya Riszha Lubis di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/1/2021).

Halaman
123
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved