Breaking News:

Silaturahmi Kapolri ke Ormas Islam Diharapkan Sinergikan Ulama dam Umara

Memilih untuk bersilaturahim ke Rabithah Alawiyah pada awal masa jabatannya, adalah langkah yang cukup taktis

WARTA KOTA/ WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
KUNJUNGAN KAPOLRI - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama sekretaris umum PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu'ti adakan jumpapres dalam acara melakukan silaturahim ke Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Jumat (29/1) sore. Silaturahim dilakukan Kapolri untuk menjaga sinergitas dan soliditas yang selama ini sudah terjalin antara Polri dan Muhammadiyah. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKS, Aboebakar Al-Habsy mencermati langkah Kapolri Baru Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang bergerak cepat untuk bersilaturahmi dengan sejumlah Ormas Islam.

Menurutnya, upaya dan langkah Kapolri ini sangat tepat dan sesuai dengan harapan.

“Saya lihat Kapolri ini sangat jeli, setelah bersilaturahmi ke NU dan Muhammadiyah, beliau silaturahim ke Rabithah Alawiyah. Beliau bisa memetakan dengan baik bagaimana situasi sosiologis masyarakat Indonesia,” kata Aboe melalui keterangannya, Senin (1/2/2021).

Pria yang akrab disapa Habib Aboe itu menilai, memilih untuk bersilaturahim ke Rabithah Alawiyah pada awal masa jabatannya, adalah langkah yang cukup taktis.

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri Segera Koordinasi dengan Pemda Terkait Protokol Kesehatan di Pasar Tanah Abang

“Rabithah Alawiyah adalah ormas yang anggotanya dzurriyah atau keturunan Rasulullah, sehingga banyak yang dihormati oleh masyarakat. Ini menunjukkan Kapolri paham banget tokoh-tokoh yang menjadi kunci,” ucap Sekjen DPP PKS ini.

Habib Aboe menambahkan, pesan yang disampaikan Kapolri pun tepat, yaitu meminta agar Rabithah Alawiyah membantu supaya pesan kamtibmas dari kepolisian bisa tersampaikan kepada umat dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami.

“Saya berharap langkah yang dilakukan Kapolri pada awal masa jabatannya ini akan mampu membawa sinergi antara ulama dan umara,” katanya.

Baca juga: Tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit soal Pam Swakarsa, Polemik hingga Kata Pengamat

Sinergi yang baik antara ulama dan umara, lanjut dia, maka akan dapat diberikan pelindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan demikian akan dapat dilaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara maksimal,” pungkas Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI ini.

Penulis: chaerul umam
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved