Breaking News:

Polemik Bupati Terpilih di Sabu Raijua

Bawaslu Sarankan Pelantikan Orient Patriot Riwu Kore Sebagai Bupati Terpilih Sabu Raijua Ditunda

Bawaslu RI menyarankan agar pelantikan Orient Patriot Riwu Kore sebagai bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, ditunda.

Tangkap layar kanal YouTube KPU SABU RAIJUA
Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua Orient Patriot Riwu Kore saat debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sabu Raijua tahun 2020, Sabtu, 03 November 2020. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menyarankan agar pelantikan Orient Patriot Riwu Kore sebagai bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, ditunda.

Saran tersebut disampaikan Bawaslu RI kepada KPU dalam rapat yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Kamis (4/2/2021) pukul 10.00 WIB.

Rapat tersebut dihadiri KPU RI, Bawaslu RI, Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif, dan Stafsus Menteri Dalam Negeri.

"Kami mencermati usulan yang disampaikan oleh Bawaslu, yang mengusulkan kepada KPU untuk dilakukan penundaan pelantikan," kata Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik di Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: WNA Terpilih di Pilkada, Ada Kesalahan Verifikasi yang Dilakukan KPUD Kabupaten Sabu Raijua

Sebagaimana diatur dalam pasal 7 Undang-undang 10 tahun 2016 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, salah satu syarat menjadi calon kepala daerah adalah harus berstatus sebagai warga negara Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri, kata Akmal Malik, sangat mempertimbangkan usulan Bawaslu untuk kemudian disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Solusi yang diberikan oleh Bawaslu menjadi opsi yang mungkin akan kami pertimbangkan kepada Bapak Menteri untuk diambil," ucap Akmal.

Baca juga: KPU: Berkas Bupati Terpilih Sabu Raijua Sudah di Tangan Mendagri dan Dinyatakan Lengkap

Orient Patriot Rawu Kore, bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, diketahui berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Hal itu terbukti setelah Bawaslu Sabu Raijua menemukan dokumen yang menunjukkan bahwa bupati terpilih Sabu Raijua itu merupakan warga negara Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Kemendagri Sebut Orient Patriot Riwu Kore Bupati Terpilih Sabu Raijua Pernah Kantongi Paspor Amerika

Halaman
1234
Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved