Breaking News:

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

Cerita Mahfud Pernah Didatangi Eks Mensos Juliari Batubara Terkait Bansos

Mahfud mengatakan, kunjungan Juliari terjadi saat awal pandemi Covid-19, di mana komunikasi itu terkait penyaluran bantuan sosial (bansos). 

YouTube Kemenko Polhukam RI
Pernyataan Menko Polhukam, Mahfud MD atas Kasus Korupsi Asabri 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD bercerita dirinya pernah didatangi eks Menteri Sosial Juliari Batubara

Mahfud mengatakan, kunjungan Juliari terjadi saat awal pandemi Covid-19, di mana komunikasi itu terkait penyaluran bantuan sosial (bansos). 

"Saya cerita, saat awal pandemi, menteri sosial itu datang ke saya. Bilang 'Pak ini kami dana banyak, sulit menyalurkan bansos karena administrasi dan pertanggungjawaban dari BPK sulit'," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kamis (4/2/2021). 

Waktu itu, Juliari bilang ke Mahfud bahwa tidak banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mau eksekusi penyaluran bansos karena bisa dianggap korupsi. 

"Lalu, saya ke sini (BPK), bilang memang itu betul? Katanya BPK tidak," kata Mahfud. 

Baca juga: KPK Perpanjang Masa Penahanan Eks Mensos Juliari Batubara 30 Hari

Selanjutnya, dia memberikan arahan bahwa penyaluran bansos tidak dipersulit oleh BPK, tapi yang bersangkutan yakni Juliari lalu kena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Saya sampaikan jalan saja, habis itu dia kena OTT menterinya. Sebenarnya tidak rumit, yang lain jalan juga tuh, ini pertanggungjawaban tidak formal, tapi materiil," pungkasnya.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved