Breaking News:

Penanganan Covid

Ketua Pengarah KPC-PEN, Airlangga Hartarto: Pemerintah Pastikan Vaksinasi Gratis Untuk Masyarakat

Pemerintah terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan beroritentasi pada penanganan kesehatan secara optimal.

istimewa
Pemerintah terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan beroritentasi pada penanganan kesehatan secara optimal. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan beroritentasi pada penanganan kesehatan secara optimal.

Sejumlah langkah utama telah disusun untuk menjadi agenda prioritas guna melewati situasi pandemi di Indonesia.

Diskusi Kampus yang digelar di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah, kali ini mengambil tema Strategi Penanggulangan Covid 19 Dalam Mendorong Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca juga: Gelar Swab Antigen Gratis di Rest Area, Korlantas Temukan 1 Orang Reaktif Covid-19

Acara yang berlangsung pada Kamis, (11/02) diikuti sejumlah peserta dari kalangan akademisi, mahasiswa, dan masyrakat umum. Diskusi rutin dari kampus ke kampus kali ini menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, sebagai Keynote Speaker.

Airlangga menyebut, sudah 850.206 vaksin yang telah disuntikkan kepada tenaga kesehatan, atau sekitar 57% dari jumlah sasaran sekitar 1.5 juta tenaga kesehatan.

“Dosis kedua akan dilanjutkan sampai nantinya menyelesaikan target sebanyak 1.5 juta jumlah sasaran,” jelas Airlangga yang juga merupakan Ketua pengarah KPC-PEN.

Ketua Pengarah KPC PEN menyatakan, pemerintah akan terus mempercepat proses vaksinasi dan memastikan bahwa vaksin gratis untuk masyarakat

Selain itu, pemberlakuan PPKM mikro hingga tingkat RT-RW akan dilaksanakan dengan pengetatan 3T (test, tracing, dan treatment). Pemerintah juga memberlakukan isolasi mandiri, pembatasan mobilitas, dan menyediakan bantuan beras dan masker di zona merah.

“Pemerintah akan terus bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan terutama para akademisi untuk memastikan kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah dapat berlangsung dengan baik," tambahnya.

Baca juga: Polri Imbau Masyarakat Rayakan Imlek Secara Daring Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Menko Perekonomian mengatakan, pemerintah akan menyiapkan tes antigen di tingkat puskesmas dan pemerintah terus mengupayakan agar kesembuhan di tingkat komunal atau masyarakat terus bisa ditingkatkan.

Selain Airlangga Hartarto, "Safari Diskusi Kampus" yang dibuka oleh Rektor Universitas Jendral Soedirman Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S dan Dekan FISIP Universitas Jendral Soedirman, Dr. Jarot Santoso, M.S. , mengundang Sekretaris Eksekutif I Komite (KPC-PEN) , Raden Pardede, Staf Ahli Menko Perekonomian, Reza Siregar, Asisten Deputi Moneter dan Sektor Eksternal, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Ferry Irawan, , Dr. Slamet Rosyadi, M.Si, koordinator program studi S2 ilmu administrasi FISIP Unsoed, serta Kepala Badan Perencanaan Daerah, penelitian dan pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Purbalingga, SIswanto S.Pt.,M.SI.

Safari Diskusi Kampus adalah kegiatan rutin KPC-PEN yang bekerjasama dengan universitas-universitas di Indonesia agar menjadi sarana diskusi dan menyampaikan masukan serta pendapat, dalam rangka menghadapi pandemi. Utamanya dalam penanganan kesehatan serta pemulihan ekonomi.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved