Breaking News:

Tito Karnavian Lantik Dirjen Bina Adwil Kemendagri Jadi Pj. Gubernur Kalsel, Ini Sebabnya

Safrizal ZA dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur

Kemendagri
Safrizal ZA dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Senin (15/2/21). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Safrizal ZA dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Senin (15/2/21).

Tito dalam keterangannya mengatakan penunjukan Dirjen Bina Administrasi Wilayah (Adwil) Kemendagri itu sebagai Pj Gubernur Kalsel itu merupakan Keputusan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Safrizal dilantik berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 31/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Baca juga: UPDATE Bupati Sabu Raijua Warga Amerika: Urusan Tito Karnavian, Bawaslu Minta Tunda Pelantikan

"Sudah turun Keputusan Presiden tentang penunjukkan Penjabat Gubernur Kalsel yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Safrizal yang dalam lingkungan Kemendagri adalah Dirjen Adwil yang erat kaitannya dengan urusan perbatasan, kebencanaan, dan lain-lain," kata Mendagri, Senin (15/2/21).

Diketahui sebelumnya, Gubernur Kalimantan Selatan telah mengakhiri masa jabatannya pada 12 Februari 2021 dan dipandang perlu untuk dilakukan percepatan penunjukan Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan.

Baca juga: Tito Tegaskan Program Vaksinasi Nasional Sebagai Upaya Terakhir Tanggulangi Pandemi

Eks Kapolri itu memandang perlu adanya percepatan untuk penunjukan pejabat wilayah Kalsel yang mandek sebab adanya sengketa di Mahkamah Konstitusi

“Kita tahu bahwa proses Pilkada untuk Provinsi Kalimantan Selatan masih dalam proses di Mahkamah Konstitusi, sehingga belum terdapat pejabat definitif," jelasnya.

Tak hanya itu, guna memitigasi bencana banjir yang menimpa wilayah Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu, diperlukan penjabat yang dapat melakukan komando penanganan kebencanaan.

Baca juga: Tito Karnavian Minta Bantuan Komjen Listyo Sigit Jaga Iklim Dalam Negeri Tetap Kondusif

Oleh karena itu, menurutnya perlu segera melantik pejabat yang dapat segera menangani kebencanaan di kalsel.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved