Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan Hampir Rampung

Hingga Selasa, 17 Februari 2021, total tenaga kesehatan yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 sebanyak 1.149.939 orang.

IST
Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa hingga Selasa, 17 Februari, total tenaga kesehatan yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 sebanyak 1.149.939 orang.

Jumlah tersebut hampir mendekati jumlah target vaksinasi pada Nakes sebanyak 1,4 juta orang. 

"Jumlah ini semakin mendekati jumlah tenaga kesehatan yang ditargetkan untuk menerima vaksin yaitu sebanyak 1,4 juta orang," kata Wiku dalam konferensi pers virtual,  Kamis, (18/2/2021).

Baca juga: BPOM Evaluasi Hasil Uji Klinis Fase 1 Vaksin Nusantara

Wiku meminta tenaga kesehatan yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan diri, sehingga, dapat memberikan perlindungan saat menangani pasien.

Tim medis Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) menyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac kepada tenaga kesehatan (nakes) pada pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Bagi SDM Kesehatan Provinsi Jawa Barat, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi Covid-19 dosis kedua yang diselenggarakan dua hari pada 17 - 18 Februari 2021 itu diikuti sekitar 2.250 SDM Kesehatan se-Kota Bandung. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Tim medis Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) menyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac kepada tenaga kesehatan (nakes) pada pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Bagi SDM Kesehatan Provinsi Jawa Barat, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi Covid-19 dosis kedua yang diselenggarakan dua hari pada 17 - 18 Februari 2021 itu diikuti sekitar 2.250 SDM Kesehatan se-Kota Bandung. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

"Segera ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi ini untuk meningkatkan perlindungan dan mencegah terjadinya penularan antara pasien dan tenaga kesehatan saat bertugas," katanya.

Sebelumnya untuk mempercepat vaksinasi tahap pertama yang diberikan kepada tenaga kesehatan, pemerintah menggelar vaksinasi massal.

Satu di antara yang dilakukan Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Pemprov DKI yang menggelar vaksinasi massal di Istora Senayan, Jakarta, Kamis 4 Februari lalu.

Presiden mengatakan bahwa vaksinasi massal digelar untuk mempercepat proses vaksinasi pada Nakes agar dapat segera dilakukan vaksinasi tahap selanjutnya kepada pekerja publik, Lansia, aparat keamanan, pedagang pasar, dan lainnya.

"Inilah yang ingin kita kejar sehingga kita bisa segera memulai yang di luar tenaga kesehatan. Kita harapkan vaksinasi bisa dipercepat," tuturnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved