Breaking News:

Pesan Kapolri kepada Kabareskrim: Jangan Sampai Hukum Tajam ke Bawah Tapi Tumpul ke Atas

Intruksi tersebut disampaikan Jenderal Sigit saat melantik Komjen Agus sebagai Kepala Bareskrim di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

Tribunnews.com, Igman Ibrahim
Komjen Agus Andrianto selaku Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta Komjen Agus Andrianto dapat menegakan hukum yang berkeadilan saat menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Intruksi tersebut disampaikan Jenderal Sigit saat melantik Komjen Agus sebagai Kepala Bareskrim di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

Sigit meminta hukum tak hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas.

"Bapak Kabareskrim Polri tolong betul-betul dikawal bagaimana mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Karena masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam hanya ke bawah tapi tumpul ke atas," kata Jenderal Sigit.

Baca juga: Kapolri Lantik Komjen Agus Andrianto Sebagai Kabareskrim Polri

Jenderal Sigit juga meminta Komjen Agus untuk mendengar suara masyarakat agar hukum bisa benar-benar memberikan rasa keadilan kepada masyarakat.

"Jadi bagaimana kita mencoba mendengarkan suara masyarakat, suara rakyat dan kita berada di posisi yang betul-betul bisa memberikan rasa keadilan," ungkap dia.

Lebih lanjut, Komjen Agus Andrianto juga diharapkan dapat menyelesaikan berbagai kasus dengan mengedepankan restorative justice.

"Masalah restorative justice sebagai bentuk penyelesaian permasalahan ini juga kita coba untuk kita formulasikan dengan baik sehingga kemudian rasa keadilan ini betul-betul kita wujudkan," jelas dia.

Namun demikian, Jenderal Sigit juga berharap Komjen Agus tetap melakukan penindakan hukum secara tegas.

Khususnya terkait masalah yang berimplikasi konflik horizontal.

"Kita harus tegas melakukan penegakan hukum secara kuat manakala memang terhadap hal-hal yang memang kita harus melaksanakan hal tersebut. Karena itu berdampak kepada keselamatan jiwa manusia, berdampak pada masalah-masalah yang berimplikasi konflik horizontal," tukasnya. 

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved